Pariwara
Kolaka Utara

Kolut Nominator Peraih Adipura 2018

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Wabup Kolut, H. Abbas (ketiga dari kanan) bersama pelajar dan mahasiswa pecinta alam usai mengikuti gerakan bersih-bersih pantai, minggu (4/3)

KENDARIPOS.CO.ID — Ratusan warga bersama para pelajar maupun petugas kebersihan di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) melakukan aksi bersih-bersih pada sepanjang kawasan pesisir Pantai Berova di Desa Pitulua, Sabtu (3/3). Kegiatan ini merupakan respon dalam memperingati hari peduli sampah (HPS) 2018.

Wakil Bupati Kolut, H. Abbas mengaku jika daerah itu bersiap menghadapi penilaian adipura yang diagendakan Maret ini. “Kolut masuk nominator peraih tahun ini dengan empat kabupaten lainnya di Sultra. Insyaallah kita akan meraih yang kelimakalinya,” optimis Abbas.

Jika tak ada aral, bulan ini tim penilai pusat akan meninjau langsung ke Kolut memastikan kelayakan kabupaten itu kembali dilabeli penghargaan. Tempat penilaiannya diacak tanpa harus ditentukan lebih rinci. Yang jelas kata dia, zona pantauan seperti tempat pariwisata, rumah sakit hingga pasar rakyat di wilayah tersebut.Terkait HPS yang digelar akhir pekan lalu terwujud diprakarsai Siswa Pecinta Alam (Sispala) SMKN 1 Lasusua bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kolut. Abbas memimpin aksi bersih-bersih di sepanjang garis pantai objek wisata berbekal sapu, karung maupun kantong plastik.

“Data dari Kementerian Lingkungan Hidup menyebutkan, negara kita saat ini darurat sampah dengan menempati posisi kedua penyumbang limbah di laut. Akan sangat ironis khususnya Kolut yang wilayahnya berlatarkan laut, nantinya akan dipenuhi sampah. Kita semua harus optimis Indonesia 2020 bebas sampah,” ucap pasangan Bupati, Nur Rahman Umar itu. Ia meminta seluruh pengunjung khususnya di Berova agar tidak menjadi penyumbang sampah.

Seluruh masyarakat Kolut dari selatan ke utara harus memahami hal ini karena bagaimanapun laut tempat mata pencaharian para nelayan. Jika tercemar akan menjauhkan dan bahkan membunuh habitat air tersebut. DHL khususnya juga harus berperan aktif terhadap pihak pengelola Berova dalam pengelolaan sampah di kawasan itu. “Saya apresiasi langkah semua pihak khususnya para pelajar SMK yang tidak menutup kemungkinan ada dari sekolah lain mau terlibat dalam gerakan mulia ini,” pungkasnya. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778