Pariwara
Konawe Kepulauan

Jalan di Konkep Ditingkatkan, Jembatan Dibenahi

MURSALIN/KENDARI POS
Kadis PU Konkep, Israwan Sulpa meninjau perbaikan jembatan Lebo yang dibuat sementara di Kecamatan Wawonii Timur, setelah ambruk akhir pekan lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah mengaspal beberapa jalan di Kecamatan Wawonii Utara, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Konawe Kepulauan (Konkep) juga meningkatkan akses ruas 40 di Desa Pasir Putih menuju RSUD. Kadis PU Konkep, Israwan Sulpa WRD, mengatakan, pihaknya akan memprioritaskan akses menuju bangunan RSUD Konkep yang baru.

Pasalnya, obyek vital sarana kesehatan di Pulau Wawonii, dalam waktu dekat ini akan digunakan. “Saat ini, alat berat sudah dikerahkan untuk meningkatkan jalan 40 menuju RSUD. Mengingat dalam waktu dekat rumah sakit ini mau digunakan. Jadi harus didukung dengan infrastruktur jalan. Sekitar satu kilometer yang akan kami tingkatkan,” kata Israwan Sulpa saat ditemui Rabu (28/2).

Selain akses menuju RSUD, infrastruktur ke obyek wisata Air Terjun Tumburano di Wawonii Utara, juga menjadi perhatiaannya. Karena obyek wisata itu masuk dalam visi misi Bupati Konkep, H. Amrullah untuk dikembangkan di Bumi Kelapa tersebut. “Kita lihat sendiri, akses menuju Air Terjun Tumburano sudah bagus. Jika dulu jarak dari jalan poros menuju air terjun berkisar tujuh kilometer, sekarang tinggal empat kilometer,” ujar Israwan, rabu (28/2).

Dia menjelaskan, dari anggaran pendapatan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2017 lalu, sudah memuluskan jalan lingkar dan pedesaan hingga tujuh kilometer. Dari Desa Waworope hingga Palingi, Kecamatan Wawonii Utara. “Tetapi ada sebagian pengerjaan drainase yang kita alihkan ke pengaspalan, mengingat ada yang sudah dikerjakan pemerintah desa. Sehingga volume pengaspalan kami tambah,” jelasnya.

Dia menambahkan, selain meningkatkan akses jalan, infrastruktur penghubung juga dibenahi pihak Dinas PU. Terlihat puluhan pegawai instansi teknis itu, membuat jembatan darurat untuk melancarkan jalur transportasi di Desa Lebo, Kecamatan Wawonii Timur. Pasalnya, jembatan yang berada di jalan lingkar Pulau Wawonii tersebut ambruk akhir pekan lalu.

“Jembatan ini ambruk pada hari Sabtu tanggal 25 Februari lalu. Tetapi staf kami langsung menangani jembatan yang rusak itu. Biar darurat dulu, yang penting bisa dilewati,” ungkapnya. Selain jembatan Lebo, pengganti Amrullah di Dinas PU Konkep itu juga berjanji akan memperbaiki beberapa jembatan yang kondisinya sudah memprihatinkan, seperti di Lansilowo. “Kami akan perbaiki kembali. Meski tidak ada anggaran tapi akan gunakan pendekatan pemeliharaan. Jadi jangan heran kalau pendapatan asli daerah Dinas PU minim, karena alat berat yang kami punya, tidak disewakan. Tetapi digunakan untuk pendekatan pemeliharaan beberapa infrastruktur,” tandas Israwan Sulpa. (c/san)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778