Pariwara
Bau-bau

Hado Komitmen Sukseskan Program Penanggulangan Bencana di Baubau

Pj Wali Kota Baubau, Hado Hasina (kanan) berbincang dengan Kepala BNPB, Willem Rampangile usai pembukaan Rakornas Penanggulangan Bencana di Bali.

KENDARIPOS.CO.ID — Pj Wali Kota Baubau, Dr. Ir. H. Hado Hasina, MT menegaskan komitmen pemerintahannya melakukan berbagai hal yang diharapkan pemerintah pusat untuk menyukseskan program penanggulangan bencana. Hado meminta agar Kota Baubau diberi kesempatan menjadi salah satu daerah objek binaan secara teknis untuk memastikan terwujudnya rencana induk pengembangan (RIP) penanggulangan bencana yang akan menjadi muatan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) transisi.

“RPJMD transisi ini baru terwujud Desember 2018, namun akan menjadi bagian dari RPJMD 2018-2013 yang disesuaikan visi misi wali kota terpilih nanti. Hal ini membutuhkan peningkatan capacity building baik di tingkat organisasi perangkat daerah (OPD), akademisi maupun masyarakat. United Nation University (UNU) bisa mengambil bagian dalam peningkatan kapasitas kelembagaan,” kata Hado Hasina, saat berbincang dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem Rampangile, setelah rapat koordinasi nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana di Bali, Rabu (21/2) lalu.

Pada Rakornas terungkap, Bappenas menempatkan penanggulangan bencana sebagai prioritas kedua dari sembilan program secara nasional, yakni penanggulangan kesenjangan antar wilayah melalui penguatan konektifitas dan kemaritiman yang didalamnya terdapat penanganan bencana. Saat ini, di tingkat kementerian dan lembaga masih dalam penyusunan RIP penanggulangan bencana (masterplan) yang nantinya menjadi komponen RPJM Nasional dan selanjutnya dirumuskan dalam rencana kerja kementerian dan lembaga.

Dalam hal singkronisasi antara pemerintah pusat dan daerah, maka di level Pemprov dan Pemkab/Kota diharapkan dalam tahun ini bisa menyesuaikan dengan menyusun RIP penanggulangan bencana menjadi muatan RPJMD atau transisi. Selanjutnya diharapkan menjadi pedoman penyusunan APBD, sehingga penanganan bencana menjadi salah satu kegiatan prioritas. “Saat ini belum terbit Perpres terkait RIP Penanggulangan Bencana, sehingga menjadi kesempatan untuk share vision dengan pengemasan RIP Penangulangan Bencana di daerah. Khusus di kawasan kepulauan Buton, ada satu kota dan delapan kabupaten lainnya tentu memerlukan masterplan khusus tentang aspek pencegahan dan kesiapsiagaan serta posisi Baubau sebagai sentral pengembangan RIP penanggulangan bencana di bawah koordinasi BPBD Provinsi dan binaan BNPB,” ungkap Hado. Pada kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Baubau tersebut juga berkomunikasi dengan dua pejabat yang siap merealisasikan usulan ini yakni, Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Ir. Harmensyah dan Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Ir. Bernadus Wisnu Widjaja. (wal)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778