Pariwara
Metro Kendari

Berantas Kejahatan Dunia Maya dan Kampanye Hitam, Polda Sultra Gencarkan Patroli Cyber

Ilustrasi Cyber

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun politik ini rentan dengan konflik antar sesama pendukung dan tim sukses. Bagi tim pemenangan pasangan calon kepala daerah untuk berhati-hati mengelola akun media sosial (medsos), sebab Polda Sultra akan menggencarkan patroli Cyber. Targetnya adalah untuk memberantas kejahatan dunia maya dan kampanye hitam di medsos.

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto mengatakan tim cyber akan terus memantau potensi kejahatan dunia maya di Sultra. Bagi calon kepala daerah di Sultra yang sudah siap melakukan kampanye melalui media sosial (Medsos), diharapkan bersikap santun. “Tim khusus Cyber Crime yang dibentuk akan selalu melakukan patroli cyber. Hal ini untuk meminalisir potensi kejahatan dunia maya,” ujar Kapolda Sultra beberapa waktu lalu.

Kejahatan media sosial kata Brigjen Andap Budhi Revianto menjadi perhatian publik. Sebab, kejahatan seperti itu dapat memecah belah dan memantik konflik antarkubu. Dalam konteks Pilkada, biasanya tim pasangan calon dan tim pasangan lain akan saling menjatuhkan dengan cara membuat akun palsu lalu menebar ujaran kebencian di media sosial. Hal-hal seperti ini yang dipantau oleh tim cyber. “Nah, hal seperti ini kita pantau dan cepat kami atasi. Agar konflik besar tidak terjadi,” ungkap jenderal bintang satu yang ramah tersebut.

Brigjen Andap Budhi Revianto menuturkan kejahatan media sosial harua diatasi sedini mungkin. Kalau bisa, sebelum terjadi harus segera dicegah lebih dulu. Ini untuk menjaga proses jalannya Pemilihan Kepala Daerah yang akan diselenggarakan di Sultra. Brigjen Andap Budhi Revianto juga sudah meminta anak buahnya agar memberikan peringatan kepada oknum yang kedapatan menebar ujaran kebencian secara berulang-ulang. Jika masih diabaikan maka akan ditindak dengan proses hukum. “Karena perkataan yang berulang-ulang melalui media sosial itu bisa dianggap sebagai kebenaran. Dan itu mempengaruhi persepsi orang,” tukasnya.

Brigjen Andap Budhi Revianto berpesan agar warga Sultra dan calon kepala daerah yang akan bertarung di kontestasi Pilkada untuk santun berkampanye di media sosial. (ade/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743