Pariwara
Politik

Kursi DPRD Kota Kendari Tak Berubah

Uji Publik : Untuk mematangkan draft usulan pembagian Dapil dan sebaran alokasi kursi DPRD Kendari, KPU Kendari menggelar uji publik usulan yang dihadiri perwakilan Parpol, Panwas dan instansi terkait lainnya di Swiss Belhotel akhir pekan lalu. Foto: Marwan Abidin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Alokasi kursi legislatif Kota Kendari pada Pemilu 2019 tidak berubah. Hasil uji publik yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kendari, kursi DPRD Kendari masih sebanyak 35 kursi. Namun di beberapa daerah pemilihan (Dapil), jumlah sebaran kursi mengalami perubahan.

Komisioner KPU Kota Kendari, Hayani Imbu mengatakan penentuan jumlah kursi anggota DPRD kabupaten dan kota berdasarkan aturan antara 20 s.d 55 kursi. Pembagian alokasi kursinya diatur dalam keputusan KPU nomor 4/PL.01.3-Kpt/03/KPU/I/2018 tentang jumlah penduduk kabupaten/kota dan jumlah kursi DPRD dalam pemilihan umum 2019. Dengan jumlah penduduk sebanyak 334.335 jiwa, maka kuota kursi untuk Kota Kendari sebanyak 35 kursi.

“Nah, jumlah penduduk lebih dari 300 ribu orang sampai 400 ribu orang itu memperoleh 35 kursi. Jadi, kota Kendari masih tetap 35 kursi dewannya,” katanya saat memaparkan materi dalam kegiatan uji publik usulan daerah Pemilu anggota DPRD Kota Kendari pada Pemilihan Umum 2019 di Swiss Belhotel, akhir pekan lalu.

Selain alokasi kursi legislatif, KPU juga telah melakukan penataan dapil anggota DPRD kota Kendari. Dari 10 kecamatan di Kota Kendari dibagi kedalam lima dapil. Dapil satu adalah Abeli dan Poasia. Dilanjutkan dengan Dapil dua yakni Kambu dan Baruga. Kemudian, Dapil tiga adalah Wua-wua dan Kadia. Di dapil empat yakni Puuwatu dan Mandonga. Terakhir Kendari Barat dan Kendari masuk Dapil lima.

Nah, berdasarkan cara perhitungan sainte lague murni (aturan yang baru) diputuskan untuk Dapil satu sebanyak enam kursi, Dapil dua sebanyak enam kursi, Dapil tiga sebanyak delapan kursi, dapil empat sebanyak kursi dan dapil lima sebanyak tujuh kursi. “Jadi, total 35 kursi semua,” tambahnya.

Tahapan penyusunan dan penetapan dapil Pemilu 2019 masih akan berlanjut. Pasalnya, usai dilakukan uji publik dapil maka pada 14-27 Februari 2018 adalah momen penyerahan usulan dapil DPRD kabupaten/kota ke KPU provinsi, KPU Sultra. Kemudian, penetapan dapil oleh KPU adalah pada 28 Februari 2018 hingga 5 April 2018. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778