Pariwara
Buton Utara

Irigasi tak Berfungsi, Sawah Petani Butur Kering

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
Hujan yang dinanti turun mengguyur, belum datang. Saluran irigasi yang dibangun pemerintah tak berfungsi untuk mengairi sawah petani di Buton Utara.

KENDARIPOS.CO.ID — Petani di Kabupaten Buton Utara (Butur) kini resah. Sawah yang telah mereka garap selama ini mengalami kekeringan. Penanaman benih padi belum bisa dilakukan seluruhnya. Hujan yang dinanti turun mengguyur dengan intesitas tinggi, belum datang. Kondisi itu mengancam nasib para petani di daerah tersebut. Pemerintah didesak segera memberikan solusi agar masalah ketersediaan air segera teratasi.

Petani Soloy Agung, Gede, menuturkan, mayoritas lahan sawah yang telah digarap mengalami kekeringan. Hamparan sawah luas yang telah diolah belum ditanami benih padi karena tak ada pasokan air. Saluran irigasi yang dibangun pemerintah tak berfungsi hingga menyebabkan petani hanya bisa berharap air hujan.

“Saluran irigasi tidak berfungsi. Percuma dibangun tidak ada airnya. Kita hanya menunggu hujan saja. Hampir semua sawah di sini kekeringan. Hujan yang turun hanya sekali-sekali menyebabkan sawah belum terairi. Tentu cemas karena belum ada sawah ditanami takutnya kembali gagal panen. Bedanya, tahun lalu akibat banjir, tahun ini akibat kekeringan,” ujar Gede saat di temui di daerah persawahannya, Desa Soloy Agung, Kecamatan Kulisusu, Jumat (9/2).

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Buton Utara, Yusuf, mengakui ada sawah petani yang mengalami kekeringan. Ditaksir, kurang lebih luasnya sekira 30 hektare di Soloy Agung dan Buranga. Untuk mengatasi masalah krisis air di persawahan, pemerintah telah menyalurkan mesin pompa air ke petani. “Sawah yeng mengalami kekeringan itu, tadah hujan. Jadi kebutuhan airnya tergantung hujan. Kalau tidak hujan pasti mengalami kekeringan. Saluran irigasi tak ada airnya. Solusinya, bisa memanfaatkan mesin pompa untuk menyedot di mata air terdekat untuk dialirkan ke persawahan petani yang mengalami kekeringan,” jawab Yusuf. (b/had)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778