Pariwara
Kolaka

Tak Optimal Kelola SIKIM di Kolaka, Kontrak Pengusaha Diputus

ZULFADLY NUR/KENDARI POS
Bupati Kolaka, Ahmad Safei (kanan) bersama Kajari, Jefferdian serta Ketua DPRD, Parmin Dasir sedang memantau mesin pencetak baliho yang tersedia di SIKIM, jumat (9/2)

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah tuntas dibangun, akhirnya Sentra Industri Kecil dan Menengah (SIKIM) di jalan Tahoa, diresmikan Bupati Kolaka Ahmad Safei. Bangunan yang berdiri di atas tanah seluas 2 hektare tersebut menyediakan 24 lokal bagi para pengusaha. Tidak hanya bangunan, fasilitas lain yang dibutuhkan untuk berwirausaha juga disediakan seperti mesin pencetak baliho, mesin pembuatan roti, mesin sablon dan lain sebagainya.

Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kolaka, Ahmad, mengungkapkan, anggaran pembangunan SIKIM bersumber dari APBN sebesar Rp 18 miliar. Kata dia, bantuan tersebut diperoleh berkat usaha Pemkab Kolaka dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Bumi Mekongga. “Banyak pemerintah daerah yang menginginkan SIKIM dibangun di daerahnya. Tapi, karena usaha Bupati Kolaka, maka pemerintah pusat memilih Kolaka. Kami di SKPD hanya melaksanakan perintah. Jadi yang punya peran besar adalah Bupati Kolaka,” katanya, jumat (9/2).

Sementara itu, Bupati Kolaka, Ahmad Safei, mengakui ana yang digunakan memang bersumber dari APBN. Namun, kata dia bantuan tersebut diperoleh karena adanya upaya pemerintah daerah. “Memang dari APBN. Tapi kan itu tidak akan datang dengan sendirinya kalau tidak ada upaya. Apalagi ada ratusan kabupaten/kota yang menginginkannya. Dan memang ini tidak bisa dibangun jika hanya mengandalkan APBD. Sebab PAD Kolaka hanya Rp 70 miliar. PAD sebesar itu untuk membiayai rutinitas seluruh SKPD saja mungkin tidak cukup. Jadi harus ada upaya untuk mendapatkan sumber dana lain,” ujarnya.

Mantan Sekab Kolaka tersebut menegaskan, dengan besarnya anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan SIKIM, maka ia mengingatkan instansi terkait untuk mengelola fasilitas tersebut dengan baik. “Harus jauh lebih bagus dari pasar dan Ruko. Jika selama tiga bulan terlihat tidak dipelihara dan dikelola dengan baik sesuai maksud serta tujuannya dibangun, maka pengusaha yang menempatinya akan disanksi. Tapi jika dalam setahun juga belum ada perubahan, maka kontraknya diputus,” ancam Safei. (c/fad)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778