Pariwara
Bau-bau

Bulog Siap Salurkan Bansos ke Empat Daerah di Baubau

KENDARIPOS.CO.ID — Kabar gembira bagi masyarakat kurang mampu khususnya mereka yang namanya masuk dalam daftar calon penerima bantuan sosial (Bansos) tahun 2018. Tak lama lagi, penyaluran perdana Bansos beras sejahtera (Rastra) akan segera direalisasikan. Perum Bulog Baubau telah siap menyalurkan bantuan masyarakat kurang mampu itu untuk warga pada empat daerah, yakni Baubau, Buton, Buton Selatan dan Buton Tengah.

“Kita sudah siap melakukan penyaluran Bansos. Kita tinggal menggu instruksi atau kesiapan dari pemerintah kota (Pemkot) dan pemerintah kabupaten (Pemkab) masing-masing. Kalau sudah ada instruksi, maka pekan depan kita bisa langsung salurkan ke masing-masing penerima,” kata Kepala Perum Bulog Subdivre Baubau, La Rahibun, Jumat (9/2). Penyaluran Bansos 2018 sejatinya telah diterima masyarakat sejak awal Januari lalu. Tetapi, karena penyesuaian nomenklatur akibat perubahan nama bantuan, maka penyalurannya ditangguhkan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Sosial. “Penyaluranya dalam setahun dilakukan 12 kali setiap awal bulan. Tetapi saat Januari jumat (9/2), masih dilakukan penyesuaian. Makanya, untuk Februari ini, kita rapel dua bulan,” jelas La Rahibun.

Ia mengungkapkan, yang membedakan hanya pada prosedur dan takaran beras. Jika dulunya dipungut biaya untuk setiap penerima, saat ini gratis. Bila awalnya setiap keluarga penerima manfaat dijatah 15 kilogram, sekarang Bansos hanya 10 kilogram. “Tetapi untuk kriteria penerimanya masih tetap sama. Diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah atau kategori kurang mampu,” sambungnya.

Untuk total beras yang disiapkan setiap bulan tergantung jumlah masyarakat penerima bantuan. Baubau misalnya, jumlah KPM sebanyak 6.737, maka berasnya sebanyak 67.370 kilogram. Kemudian Buton jumlah KPM 5.913 KK, maka jatahnya 59.130 kilogram tiap bulan.
“Begitu pula dengan Buton Selatan yang jumlah KPM sebanyak 5.023 KK, maka jatah berasnya 50.230 kilogram. Sedangkan Buton Tengah dengan 5.584 KK, dijatah 55.840 kilogram,” tandas La Rahibun. (b/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778