Pariwara
Metro Kendari

Ditjen Perbendaharaan Sultra Terus Berinovasi, Rayakan HUT ke-14 Bersama Mitra

FOTO BERSAMA: Kepala Kanwil DJPb Sultra, Ririn Kadariyah (tengah) beserta jajaran pose bersama Rektor UHO, Prof Muh Zamrun (baju kuning, tengah), Manajer EO Kendari Pos Nursyamsi Abidin dan sejumlah mitra usai rayakan HUT ke-14 Ditjen Perbendaharaan.

KENDARIPOS.CO.ID — Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-14, Rabu (24/1/2017). Khusus di Sultra, Kanwil Perbendaharaan merayakannya dengan menggelar tasyakuran bersama mitra. Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Rektor UHO Prof Muh Zamrun, Kepala BI Sultra yang diwakili Deputi Kepala Perwakilan KPWBI Sultra LM Bahtiar Zaadi, Dirut Bank Sultra yang diwakili Direktur dan Dirut Kendari Pos diwakili Manager EO, Nursyamsi Abidin.

Sebelum tasyakuran dimulai, DJPb beserta mitra terlebih dahulu menyaksikan video conference dari Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani dan Dirjen Perbendaharaan, Marwanto Harjowiryono. Keduanya menyemangati anak buahnya di Ditjen Perbendaharaan yang tersebar di seluruh Indonesia. Sri Mulyani mengingatkan, bahwa dulunya dalam melayani mitra kerja, Ditjen Perbendaharaan masih gunakan cara manual. Namun seiring perkembangan zaman, sudah gunakan teknologi informasi (IT). Karenanya dia berharap, DJPb terus berinovasi meningkatkan pelayanan.

Dia juga mengapresiasi perbendaharaan yang berinovasi dengan literasi dalam mengedukasi masyarakat. Sementara Marwanto Harjowiryono dalam sambutannya mengatakan, lebih dari satu dekade, Ditjen Perbendaharaan telah berperan penting dalam menyukseskan pembangunan di Indonesia. Banyak tantangan yang dihadapi, tapi tidak meluluhakn semangat untuk berbuat bagi bangsa dan negara.

Dalam periode ini, Ditjen Perbendaharaan berhasil membangun bangsa sesuai Nawacita. Kerja keras dan kerja cerdas yang dilakukan sudah membuahkan hasil. “Namun, pohon prestasi yang kita tanam, jangan membuat kita sombong. Tetaplah berbuat, berkarya bagi bangsa. Jangan sombong, karena kesombongan bukanlah sifat yang baik. Sebab, nikmat keberhasilan akan bertambah apabila kita bersyukur. Makin kita bersyukur, Allah SWT akan terus menambah kebaikan bagi kita semua,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kanwil DJPb Sultra, Ririn Kadariyah, mengatakan, untuk mencapai usia 14 tahun, bukanlah perkara mudah. Ada banyak tantangan dan kendala yang dihadapi. Namun dengan tekad yang kuat dan kerja sama semua tim, akhirnya DJPb yang dulunya hanya melakukan pelayanan secara manual, dengan adanya inovasi yang dilakukan, maka saat ini pelayanan sudah menggunakan Information Technology (IT).

Dengan sinergi yang baik pula, APBN 2017 dapat diselesaikan dengan baik oleh DJPb Sultra. “Terima kasih pada Pemda atas kerja samanya yang sangat baik. Kadang-kadang hari libur saya masih telpon teman-teman Pemda kalau ada yang kritis. Bahkan, 31 Desember kemarin, saya masih telepon ibu Isma. Sebenarnya kadang saya mau tahan diri untuk tidak telepon, tapi apa boleh buat. Semua itu untuk selesaikan administrasi yang memang harus diselesaikan. Karena kita tidak bisa belanja, kalau tidak ada penerimaan,” katanya, dalam sambutannya, kemarin.

Untungnya, sikap Ririn itu dipahami oleh semua stakeholder DJPb. Bahkan, respon yang diberikan sangat baik. Terbukti dengan tidak adanya pelanggaran untuk Sultra. Sebab, baik Pemprov, Pemda dan perbankan, masih menyelesaikan laporan keuangan akhir tahun, kendati sudah memasuki pergantian tahun.

“Itu sangat bermakna bagi penerimaan negara. Sebab jika penerimaan negara tidak cukup, maka kita tidak bisa belanja. Terima kasih untuk semua mitra Ditjen Perbendaharaan. Semoga kerja sama yang baik terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan agar tercapai penerimaan yang baik bagi negara,” jelasnya.

Di kesempatan itu pula, Ririn mengucapkan terima kasih pada Kendari Pos yang telah menjadi mitra baik dalam menyebarluaskan informasi terkait DJPb. Sehingga semua kerja lembaganya, terpublish dengan jelas dan informasinya sampai di masyarakat. “Terima kasih untuk Kendari Pos. Kami juga butuh media yang sampaikan informasi ke masyarakat. Selama ini, Kendari Pos telah menjadi mitra yang baik,” ujarnya. Lebih jauh Ririn menjelaskan, Undang-undang (UU) nomor 1 tahun 2004 terkait UU perbendaharaan negara, itu yang dianggap UU perbendaharaan. Sehingga, dianggap sebagai hari lahir perbendaharaan.

Ririn mengutip pesan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, yang mengharapkan DJPb terus berinovasi meningkatkan pelayanan. Tujuannya, supaya institusi itu lebih mudah dalam melayani stakeholder. Dimana cakupan pelayanan meliputi pencairan dana dan pengelolaan dokumen APBN atau DIPA. Semuanya, lanjut dia, sudah dilayani by sistem, termasuk setoran untuk penerimaan negara dan setoran-setoran pajak. Supaya apa? Agar lebih mudah dan cepat dalam mengolah serta mengelola data tersebut.

Rektor UHO, Prof Muh Zamrun, sebagai salah satu mitra DJPb Sultra yang didaulat memberikan sambutan, mengatakan, dengan perbaikan teknologi informasi yang dilakukan Ditjen Perbendaharaan, itu merupakan suatu terobosan yang sangat cemerlang. Sebab, dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, informasi dari perbendaharaan akan mudah dan cepat sampai ke mitra.

Sarannya, kata Zamrun, untuk komunikasi dengan UHO ke depannya, sebaiknya setiap informasi disampaikan via email. Sebab, itu akan lebih memudahkan dirinya sebagai rektor. Sehingga tanpa harus melihat undangan yang ada di meja, dia sudah tahu info apa saja yang masuk. “Jadi kita lebih bisa manfaatkan teknologi, sehingga informasi lebih efisien. Apalagi kami sudah menjadi BLUD. Mudah-mudahan ke depan, bisa sinergi lebih bagus lagi, termasuk kajian akademik yang akan dilakukan, kami mendukung penuh. Semoga dengan hari lahirnya ini, Ditjen Perbendaharaan makin banyak kumpulkan uang negara,” tandasnya. (b/ind)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743