Pariwara
HEADLINE NEWS

Diskusi Publik Karya NUSA, Tiga Rektor Hadir Sebagai Penanggap

KENDARIPOS.CO.ID — Tiga pimpinan perguruan tinggi di Sultra siap menyukseskan pelaksanaan diskusi publik Kendari Pos yang akan digelar, hari ini Kamis (25/1/2017). Mereka adalah Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Prof Muh Zamrun, Rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) Prof Andi Bahrun, dan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Dr Nur Alim. Ketiganya akan bertindak sebagai penanggap dari paparan tentang karya Nur Alam-Saleh Lasata (NUSA), khususnya di bidang infrastruktur.

Tak hanya siap untuk menelaah (mengkaji dan memberi tanggapan) terkait pembangunan NUSA, ketiga pimpinan tertinggi lembaga akdemis ini juga memberikan apresiasi terlaksananya diskusi publik tersebut. Rektor UHO, Prof Muh Zamrun mengatakan, diskusi publik tersebut sangat bermanfaat. Momentum ini menjadi wadah yang tepat untuk memaparkan prestasi prestisius pasangan NUSA. Apalagi ada Kendari Pos sebagai media pemberitaannya. Pasti akan lebih besar gaungnya.

“Saya kira sangat baik sekali. Masyarakat juga bisa tahu lebih banyak tentang karya NUSA selama 10 tahun memimpin. Dukungan pemberitaan Kendari Pos akan membuat seluruh masyarakat Sultra tahu,” ungkap Prof Zamrun. Menurut dia, selama ini capaian pembangunan pemimpin Sultra, laporannya hanya sampai di meja DPRD Sultra. Nah, dengan adanya diskusi publik ini juga bisa menjadi referensi pemimpin Sultra berikutnya. “Idealnya, program yang sudah dicanangkan, bisa dilanjutkan oleh pendahulunya sembari menciptakan program baru, tentu harus lebih baik,” katanya.

Ia berharap dimulai gubernur, SKPD, pemda kabupaten/kota terus berkoordinasi. Hal itu untuk menumbuhkan betapa pentingnnya sinergi diantara pihak terkait dalam membangun Sultra. “Insyaallah, saya akan siap memberikaan telaah atau pandangan tentang karya 10 tahun NUSA,” ujarnya.

Senada diungkapkan Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun. Dirinya juga mengapresiasi kegiatan diskusi publik yang digagas Kendari Pos bersama Pemprov Sultra. Diskusi yang mengangkat tema pembangunan infrastruktur dasar Sultra akan memberikan informasi kepada publik atas capaian kinerja 10 tahun NUSA. “Banyak hal yang bisa didapatkan dari diskusi publik ini. Sangat positif sekali,” kata Prof Andi Bahrun, kemarin.

Karya NUSA, lanjut dia sangat banyak. Mulai pembangunan infrastruktur baik jembatan, pelabuhan, dermaga hingga jalan, semua ada. Termasuk juga pembangunan nonfisik. Momen diskusi inilah bisa menjadi pertanggung jawaban kepada publik. Gaungnya akan makin besar karena didukung pemberitaan Kendari Pos. “Karya monumental NUSA juga bisa menjadi pijakan dan inspirasi pemimpin Sultra berikutnya,” jelasnya.

Rektor IAIN Kendari, Dr Nur Alim menambahkan, diskusi publik tersebut menjadi momentum penting dan strategis. Selama 10 tahun kepemimpinan NUSA banyak pembangunan, khususnya infrastruktur dilakukan. Dengan demikian juga, ke depan gubernur bisa melihat pemaparan dari pemateri yang bisa dilanjutkan dan diperbaiki atau disempurnakan. “Dasar pembangunanya sudah ada, mulai infrastruktur dan lainnya untuk masyarakat Sultra. Saya kira ini sangat positif sekali. Karena bisa jadi referensi bagi gubernur berikutnya sehingga tidak mulai dari nol lagi. Mereka tinggal melanjutkan, memperbaiki dan memastikan keberlanjutannya,” jelas Nur Alim saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Dia menambahkan, dengan adanya dukungan pemberitaan dari Kendari Pos, masyarakat bisa tahu dan paham tentang pembangunan NUSA selama 10 tahun. Sebab, jangkauan koran ini bisa sampai di 17 kabupaten/kota se-Sultra. “Banyak karya hebat yang sudah dibangun keduanya. Melalui diskusi ini, masyarakat bisa tahu lebih banyak,” ucapnya.

Sementara itu, Manager Event Organizer Kendari Pos, Nursyamsi Abidin mengatakan, diskusi publik siap digelar, hari ini (25/1). Tujuan dari acara ini untuk membedah berbagai pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah. Terutama menyangkut kendala dan potensi yang masih bisa dikembangkan ke depan. “Kalau terungkap dalam diskusi, bisa menjadi rujukan bagi calon kepala daerah supaya punya persepsi sama ketika diamanahkan memimpin Sultra nantinya,” jelasnya.

Lanjut dia, semua elemen akan dilibatkan, mulai kepala daerah, DPRD, pejabat sipil, organisasi yang bergerak dibidang infrastruktur, organisasi pemuda, pengusaha, akademisi, tokoh masyarakat dan aparat keamanan. “Semua bisa mengikuti diskusi ini,” imbuhnya. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778