Pariwara
Kolaka Utara

Peringkat 5, Kolut Makmur

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Kolut dianggap sebagai daerah yang cocok untuk budi daya bawang. Hanya saja belum ada jaminan pemasaran untuk menampung hasil panen petani.

KENDARIPOS.CO.ID — Meski baru berusia 14 tahun sejak mekar menjadi otorita mandiri, tak lantas membuat Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) tertinggal. Bahkan secara makro, warga di Bumi Patampanua itu dianggap sejahtera. Meskipun saat ini hasil perkebunan khususnya kakao mengalami penurunan, namun Kolut tetap berada pada peringkat lima dalam pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pada 2016, rata-rata penduduk Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menghabiskan uang belanja sebesar Rp 9,8 juta per tahun. Angka ini mengalami peningkatan pengeluaran hingga berkisar 3,2 persen. Sektor yang menjadi penopang perekonomian masih berkutat pada pertanian yang memegang kontributor besar dalam produk domestik regional bruto (PDRB).

Kabid Ekonomi dan SDA Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kolut, Harsil, menjelaskan, untuk gambaran terakhir ekonomi daerah, pihaknya masih berpatokan pada data statistik tahun 2010-2015. Sementara untuk perbandingan ekonomi regional merujuk pada data 2016. “Untuk saat ini pertumbuhan ekonomi kita (Kolut) tertinggi kelima di Sultra,” ungkapnya, Selasa (23/2).

Penjabarannya, data pada 2016 menggambarkan pertumbuhan ekonomi sebesar 7,69 persen. Angka tersebut lebih tinggi dari ekonomi rata-rata Sultra yang hanya 6,69 persen. Jika ditinjau per kapita, Kolut berpendapatan Rp 37 juta per tahun dibanding Sultra yang hanya sebesar Rp 30 juta. “Ini menunjukkan jika secara makro kemakmuran Kolut lebih tinggi dari rata-rata Sultra,” ujarnya.

Ada tiga sektor yang memiliki andil besar mendongkrak ekonomi Kolut pada PDRB. Mulai dari pertanian sebesar 43,06 persen, disusul pertambangan dan penggalian 16,54 persen lalu ditopang konstruksi 15,25 persen.

Dengan mayoritas penduduk yang menggarap sektor pertanian, langkah Pemkab mendongkrak tanaman kakao dan hortikultura dianggap sebagai langkah tepat. “Sebab sektor yang dominan digeluti warga Kolut ini jika mampu didongkrak akan menjadi peluang terbesar meningkatkan perekonomian wilayah,” tandas Harsil. (b/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743