Pariwara
HEADLINE NEWS

Safei-Jayadin Sukses Pimpin Kolaka

Ilustrasi: Fahri Asmin/Kendari Pos
Grafis: LD Kurniawan/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat Kolaka patut bersyukur punya kepala daerah seperti Ahmad Safei dan Muh Jayadin. Sebab, keduanya punya komitmen tinggi memajukan daerah dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Baru empat tahun memimpin Bumi Mekongga, pembangunan disegala bidang mulai kelihatan. Tidak hanya itu, sejumlah masalah yang menjadi keluhan warga sebelum keduanya menjabat juga berhasil dituntaskan.

Ada empat masalah utama yang menjadi keluhan masyarakat saat keduanya baru menjabat 2013 lalu. Yakni masalah listrik, air bersih, layanan kesehatan hingga infrastruktur jalan. “Alhamdullilah, masalah tersebut telah kami jawab dengan kerja nyata selama empat tahun memimpin Kolaka,” ujar H. Ahmad Safei, Bupati Kolaka saat menerima kunjungan jajaran manajemen Kendari Pos di rumah pribadinya, Jalan Haluoleo, Kelurahan Watuliandu, Senin (23/1).

Mantan Sekab Kolaka itu mengungkapkan, sejak dirinya dilantik sebagai Bupati Kolaka 2013 lalu, dirinya bersama pasangannya langsung tancap gas menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut. Dia menuturkan, untuk permasalahan listrik, pihaknya telah menambah daya sebesar 5 MW.

“Sebelumnya, kami kekurangan daya sehingga pemadaman listrik terus dirasakan masyarakat. Tapi alhamdulilah, kami berhasil memfasilitasi PT Antam agar mengalirkan listriknya sebesar 5 MW ke PLN. Sehingga, masalah pemadaman tersebut berhasil diatasi. Adapun kalau pemadaman terjadi saat ini bukan karena kekurangan daya, tapi karena kerusakan jaringan,” katanya.

KUNJUNGAN: Biro Direksi Kendari Pos Sawaludin Lakawa (ketiga dari kiri) didampingi Wadir Agus Tranhadi (kedua dari kiri) beserta jajaran manajemen Kendari Pos menyerahkan cinderamata kepada Bupati Kolaka, Ahmad Safei (kelima dari kanan) usai berdiskusi tentang pembangunan Kolaka di rumah pribadi bupati, Senin (22/1). Turut hadir sejumlah pejabat lingkup Pemkab Kolaka. Foto: Zulfadly/Kendari Pos

Terkait masalah air, lanjut Safei pihaknya juga telah menuntaskan permasalahan tersebut. Hal itu ditandai dengan dimulainya pembangunan pengolahan sumber air baku yang ada di Kelurahan Ulunggolaka. Sehingga dengan adanya bantuan tersebut, masyarakat yang ada di Kecamatan Kolaka dan Latambaga, sudah bisa menikmati air yang layak dan lancar.

Pasangan Muhammad Jayadin menambahkan, selain air dan listrik, masalah lain yang tidak kalah penting telah dituntaskan yaitu layanan kesehatan. Dimana saat ini pihaknya telah membangun rumah sakit dan sejumlah puskesmas di beberapa kecamatan. “Kami sedang membangun rumah sakit di lokasi eks Halo Sultra. Disampingnya dibangun tiga tower plus satu apartemen untuk penginapan para pengantar pasien. Satu tower sudah hampir tuntas dikerjakan. Sedangkan anggaran untuk pengerjaan tower ke dua sudah ada sekira Rp 30 miliar dan akan segera dikerja. Di tahun ini, rumah sakit tersebut sudah mulai difungsikan,” terangnya.

Terkait pembangunan puskesmas, lanjut dia, ada yang dibangun baru dan ada direnovasi agar statusnya bisa meningkat menjadi rawat inap. Sehingga jika masyarakat yang ada di pelosok sakit, ia tidak perlu lagi jauh-jauh ke Kota Kolaka untuk mendapatkan perawatan. Karena di puskemas sudah bisa rawat inap. “Kalau kecamatan luas dan jumlah penduduknya banyak, kami bangunkan dua puskemas. Ini untuk memudahkan pelayanan,” katanya.

Lanjut Safei, masalah infrastruktur juga telah tuntaskan. Kata dia pihaknya berupaya membangun jalanan yang dapat menghubungkan antara ibu kota kabupaten dan kecamatan, ibu kota kecamatan dengan desa, serta jalan di desa. “Kami telah mengaspal By Pass yang menghubungkan Pomalaa dan Kolaka sepanjang 20 kilometer, pelebaran Jalan Pemuda menjadi dua jalur, pengaspalan di setiap kecamatan sepanjang 2 – 6 kilometer tiap tahun,” jelasnya. Semua itu dilakukan untuk mempercepat perputaran ekonomi masyarakat. Bahkan untuk mengoptimalkan perekonomian masyarakat, juga telah memiliki pelabuhan peti kemas yang memiliki biaya dan waktu pengangkutan ke Surabaya dan sebaliknya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala BPMD Kolaka tersebut mengakui, keberhasilan pembangunan yang telah dilakukan tersebut tidak lepas dari dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya peran media, khususnya Kendari Pos. Kata dia, koran pertama dan terbesar di Sultra tersebut telah membantunya dalam mengontrol pembangunan serta memberitakan kesuksesan pembangunannya ke publik. Sehingga masyarakat Sultra mengetahui peningkatan pembangunan yang sangat pesat di Bumi Mekongga. Apalagi kata dia, Koran Kendari Pos kini dapat dibaca dimana pun berada. “Kendari Pos sangat baik dalam menyajikan pemberitaan karena datanya lengkap dan sesuai fakta. Selain itu, Kendari Pos dengan koran elektroniknya (e-paper, red) kini bisa dibaca dimana saja,” pujinya.

Menanggapi pujian Bupati Kolaka tersebut, Biro Direksi Kendari Pos Sawaludin Lakawa mengatakan, bahwa saat ini Kendari Pos mempunyai paradigma bahwa good news is best news. Dimana berita yang baik adalah berita yang paling bagus. Dengan demikian, Kendari Pos tidak mengedepankan kesalahan atau keburukan seseorang atau suatu pihak dalam pemberitaan.

Sawal berharap, hubungan Kendari Pos dengan Pemkab Kolaka dapat tetap terjalin dengan baik sehingga dapat menciptakan suasana yang baik. Sehingga dalam menjalankan programnya, Pemkab Kolaka dapat meraih kesuksesan. Dalam kesempatan tersebut, Sawal mengungkapkan sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh Kendari Pos, dimana saat ini harian pimpinan Irwan Zainuddin tidak hanya memiliki koran fisik yang dapat dibaca setiap hari, tetapi kata dia, Kendari Pos juga memiliki berita online serta koran elektronik yang baca dimana saja dan kapan pun.

“Kalau Kendari Pos online itu beritanya update. Tapi meskipun update tapi datanya lengkap sehingga tidak asal cepat saja, tetapi juga akurat. Sedangkan koran elektronik atau epaper, adalah koran fisik yang disajikan dalam bentuk elektronik yang bisa dibaca melalui handphone android atau komputer,” jelasnya. Dalam kunjungan jajaran manajemen Kendari Pos tersebut, juga dihadiri Wakil Direktur BAgus Tranhadi, Pemimpin Redaksi Arifuddin Mangka, Manager Iklan Awal Nurjadin serta Manager Sirkulasi Suranto.

Silaturahmi Kendari Pos ke Pemkab Kolaka tersebut diakhiri dengan pemberian cinderamata oleh Kendari Pos kepada Bupati Kolaka Ahmad Safei. Dimana cinderamata tersebut bergambar Bupati Kolaka dan Wakil Bupati Kolaka, Ahmad Safei dan Muhammad Jayadin sebagai bentuk apresiasi atas pembangunan yang telah mereka lakukan di Bumi Mekongga. “Terima kasih, saya tidak akan kecewakan amanah Kendari Pos ini,” kata Safei. (b/fad)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743