Pariwara
Metro Kendari

Kadin Sultra Support Diskusi Publik Kendari Pos

FOTO BERSAMA: Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi (kedua dari kiri) beserta jajaran pose bersama Ketua Kadin Sultra, La Mandi (tengah) dan Wakil Ketua Bidang Organisasi Keanggotaan dan Pemberdayaan Kadin Sultra, La Ode Alhadist Halami (paling kanan) usai berdiskusi di kantor Kadin Sultra, senin (22/1). Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Diskusi publik yang digelar Kendari Pos bersama pemerintah provinsi (Pemprov) Sultra sangat positif. Lewat kegiatan ini, semua elemen bisa mengetahui beragam karya yang sudah dilakukan pemerintahan Nur Alam-Saleh Lasata (NUSA). Lebih dari itu, bisa menjadi bahan evaluasi tentang hal-hal yang perlu diperbaiki ke depannya. Terutama yang berkaitan dengan kesinambungan program pemerintah.

Hal itu diungkapkan Ketua Kadin Sultra, La Mandi saat menerima kunjungan Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi beserta jajaran di kantornya, senin (22/1). Menurutnya, kegiatan seperti ini baru pertama kali dilakukan. “Kegiatan ini sangat bagus. Harus disupport semua elemen, termasuk Kadin Sultra,” kata La Mandi yang pada kesempatan itu didampingi Wakil Ketua Bidang Organisai Keanggotaan dan Pemberdayaan Kadin Sultra, La Ode Alhadist Halami, SH.

Tak hanya memberikan apresiasi, pengusaha asal Kabupaten Wakatobi ini juga punya keinginan menggagas kegiatan bersama Kendari Pos untuk menggali visi misi para kandidat gubernur. Khususnya pada aspek dukungan terhadap kemajuan ekonomi daerah. “Kita ingin pemimpin ke depan tidak hanya berpikir bagaimana menjadi gubernur atau wakil gubernur. Lebih dari itu, mesti memiliki komitmen dan visi yang kuat untuk mendukung perekonomian daerah. Kalau daerah ini mau maju, harus seperti itu,” jelasnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, kegiatan seperti ini sangat diperlukan juga supaya kesinambungan program pembangunan tetap berjalan. Dirinya mencontohkan, banyak pembangunan yang terbengkalai setelah berganti rezim kepemimpinan. Seperti kasus P2ID, RTH dan sebagainya. “Inilah yang coba kami bicarakan dengan pemerintah. Kalau misalnya program sudah diselesaikan, baiknya dikomunikasikan dengan Kadin supaya dicarikan jalan untuk potensi ekonominya. Jangan dibiarkan terlantar begitu saja. Ini yang kita harapkan ke depan,” terangnya.

La Mandi juga banyak bercerita tentang rencana besarnya untuk membangun Menara Kadin. Desainnya sudah ada, dengan tinggi sekitar 17 lantai. “Hanya duitnya darimana kami belum tahu. Ini yang nanti kami coba komunikasikan dengan gubernur ke depan,” ucapnya.

Termasuk keinginannya agar ada pengusaha asal Sultra yang menjadi pengurus Kadin Nasional. Selama ini, lanjut dia, belum pernah ada satupun orang Sultra berkiprah di kancah nasional. “Pernah ada beberapa nama yang kita rekomendasikan. Hanya dianggap belum memenuhi syarat. Memang verifikasinya sangat ketat. Salah satunya harus punya usaha yang berkedudukan di Jakarta,” ungkapnya.

Wakil Ketua Bidang Organisai Keanggotaan dan Pemberdayaan Kadin Sultra, La Ode Alhadist Halami, menambahkan, saat ini pengurus Kadin tidak lagi berurusan dengan APBD. Mayoritas pengurusnya punya usaha sendiri. “Anggota yang berasal dari kontraktor sudah tidak ada lagi. Rata-rata semua punya usaha sendiri,” katanya.

Menurutnya, kalau hanya mengharapkan APBD sangat terbatas. Ibarat air dalam loyang yang dibagi-bagi, sehingga akan habis. “Itulah salah satu alasan, mengapa kita tidak lagi berurusan dengan APBD. tapi seperti apa ke depan, nanti saja dilihat perkembangannya,” kata pengusaha asal Muna Barat ini.

Dia menambahkan, banyak orang belum mengetahui tentang kiprah Kadin. Padahal, lembaga ini dibentuk pemerintah juga. Malah anggaran dasar dan anggaran rumah tangganya (AD/RT) berasal dari keputusan presiden (Kepres). “Sebagai sesama lembaga yang dibentuk pemerintah, harusnya semua elemen pemerintah daerah bisa sinergi dengan Kadin. Terutama pada beberapa program yang bisa ditindaklanjuti untuk mendukung pengembangan ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi menyambut baik keinginan Kadin Sultra untuk bersinergi dalam menggali visi dan misi calon gubernur. “Kendari Pos siap untuk itu,” ujarnya. Termasuk soal diskusi publik, menurutnya Kadin Sultra bisa memanfaatkan momentum ini untuk berdiskusi banyak hal dengan semua stakeholder terkait. (ely)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743