Pariwara
Politik

Singkronkan DP4, Komisioner Turun Coklit

Ilustrasi Coklit

KENDARIPOS.CO.ID — Hari ini, tahap pemutakhiran data pemilih Pilkada serentak 2018 mulai dilakukan. Sebagai langkah awal, komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe akan turun mendampingi petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) di lapangan dalam melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) terhadap data pemilih tetap (DPT) terakhir. Mereka akan berkunjung ke rumah warga secara door to door. Data yang diperoleh selanjutnya akan disinkronisasikan dengan daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4).

Komisioner Divisi Teknis KPUD Konawe, Abdul Hasim mengatakan Coklit perdana akan dilakukan serentak se-Indonesia. Seleruh komisioner KPU akan turun mendampingi PPDP untuk memastikan tahapan pen-Coklit-an berjalan lancar. “Ya, Coklit perdana ini bukan hanya di Konawe, tapi dimulai serentak se-Indonesia sebagaimana dicanangkan KPU RI,” kata Hasim jumat (19/1).

Pada hari pertama, komisioner KPUD Konawe akan memantau roses pencoklitan di sejumlah kecamatan. Mereka akan mendatangi para tokoh masyarakat, pejabat, tokoh agama atau orang yang ditokohkan di daerah itu, untuk dicoklit secara serentak. “Masing-masing komisiner mendampingi minimal mendatanganu lima rumah setiap kecamatan, untuk dicoklit dan dicocokan dengan DP4,” ujarnya.

Data yang akan dicoklit katanya, adalah data Pemilu terakhir setelah disandingkan dengan data terbaru dari Kemendagri. Bila ditemukan ketidakcocokan, maka data itu akan ditandai sesuai petunjuk pada form yang telah ditentukan atau form a (kwk).

“Ada 10 item dalam form itu. Misalnya, kalau orangnya sudah meninggal maka dicoret dan ditandai dengan angka 1, kalau ganda, tandanya angka 2, dan seterusnya. Semua ada petunjuknya. Sedangkan, bagi pemilih pemula yang belum sampai pada usia 17 tahun selama masa Coklit, akan dimasukkan dalam DPS. Itu juga sudah bisa diumumkan asalkan saat pencoblosan atau hari H sudah 17 tahun,” tandasnya. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743