Pariwara
Metro Kendari

Target Investasi di Sultra Rp 27 Triliun

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Target pencapaian nilai investasi di Sultra dari tahun ke tahun kian meningkat. Tahun 2017, Sultra hanya ditarget nilai investasi sebesar Rp 10 triliun, tahun ini target itu naik dua kali lipat yakni Rp 27 triliun. Angka yang begitu fantastis. Padahal dari target Rp 10 triliun itu, Sultra hanya mampu merealisasikannya 110 persen atau sekira Rp 11 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Provinsi Sultra, Masmuddin mengatakan tak mau terlalu pusing dengan target tersebut. Ia justru percaya jika pemerintah pusat memberikan target yang tinggi karena melihat potensi yang cukup besar di daerah ini. “Nilai Rp 27 triliun itu bukan kita yang target, tapi pemerintah pusat. Tentu karena melihat potensi kita,” ujar Masmuddin di ruang kerjanya, Kamis (18/1).

Menurut dia, angka itu ditetapkan pemerintah pusat berdasarkan hitungan-hitungan logis. Sektor pertanian Sultra misalnya, tahun ini banyak daerah yang akan merealisasikan proyek-proyek bernilai triliunan rupiah yang sudah disepakati tahun 2017. Demikian juga dengan sektor pertambangan, beberapa smelter berpeluang dioperasikan tahun ini.

Olehnya itu, Pemprov Sultra tak akan tawar menawar target yang dipatok secara nasional. Sebab boleh jadi pusat akan mendorong masuknya investor-investor baru di Sultra. Utamanya Penanaman Modal Asing (PMA) yang selalu mendominasi investasi Sultra. “Pusat akan mendukung kita. Kalau ada investor, mereka akan mendorongnya ke sini, karena potensi kita itu tadi,” tukas mantan Wakil Bupati Konawe itu.

Ia berharap realisasi per triwulan nantinya bisa mengulang prestasi 2017. Sultra selalu menempati urutan tiga besar dalam pertumbuhan ekonomi. “Makanya kita berusaha membenahi pelayanan supaya lebih nyaman dan lebih mudah bagi investor,” pungkas mantan Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Konawe itu. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743