Pariwara
Metro Kendari

Pegawai DJPb Sultra Dilatih Teknik Menulis

MENULIS : Pemred Kendari Pos, Arifuddin Mangka (kanan, pegang mic) menyajikan materi teknik menulis dalam lokakarya teknik penulisan yang diikuti pejabat dan pegawai DPJb Provinsi Sultra dan KPPN Kendari, Kamis (18/1). Foto: Marwan Abidin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaraharaan (Kanwil DJPb) Provinsi Sultra menggelar lokakarya teknik penulisan. Seluruh pejabat dan pegawai Kanwil DJPb dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kendari dilatih tekni menulis. Lokakarya itu digelar dalam menyambut Hari Bakti Perbendaharaan tahun 2018.

Kepala Bagian Umum Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sultra, Mushlih menjelaskan memperingati hari bakti tersebut Kanwil DJPb Sultra menggelar berbagai kegiatan seperti perbendaharaan peduli, perbendaharaan berbagi, gerakan green lingkungan kantor, tasyakuran dan edukasi kepada masyarakat. Utamanya mengajar di perguruan tinggi untuk lebih mengenalkan Ditjen Perbendaharaan. Termasuk lokakarya yekni menulis dengan narasumber Pemred Kendari Pos, Arifuddin Mangka.

Menurut dia, kegiatan perbendaharaan menulis adalah wujud gerakan kesadaran agar seluruh pegawai lingkup DJPb dapat menulisartikel atau opini. Sehingga dapat diterbitkan media cetak maupun online. “Tujuan itu yang kita harapkan. Mereka bisa menulis dan tulisan itu bisa dimuat dalam media massa,” ungkap Mushlih disela-sela kegiatan lokakarya, Kamis (18/1).

Pemred Kendari Pos, Arifuddin Mangka menjelaskan jenis-jenis tulisan dan memberikan beberapa tips jitu agar mudah menulis dan cepat mahir. Diantaranya, tulislah pengalaman secara utuh, disiplin menulis setiap hari, memilih kata sederhana, butuh kesungguhan, bahasa komunikatif, harus spesifik sesuai angel yang dipilih dan informasi yang disampaikan harus jelas.

Menurutnya, untuk mahir menulis bukan hanya mengetahui teori tapi praktek yang utama. Pasalnya, dalam realitas orang yang sering menulis dengan tidak sama sekali akan berbeda hasil tulisannya. Bahkan, orang yang mahir menulis tidak selamanya mengetahui secara sempurna teorinya. “Jadi, walaupun kuasai teori tapi implementasi yang penting. Karena orang bisa karena terbiasa dalam sehari-harinya menulis akan mahir,” ujar Arifuddin Mangka.

Penjelasan yang lugas dan tepat sasaran membuat para peserta lokakarya begitu dengan mudah memahami materi dengan ilustrasi yang menarik. Pada sesi tanya jawab, peserta berebutan bertanya. Mulai soal kerumitan dalam memilih kata (diksi), proses penulisan hingga terbitnya dalam sebuah koran. Pemred Arifuddin Mangka menjawab seluruh pertanyaan peserta secara tuntas. Ia juga berharap, para pegawai mampu membuat tulisan menarik dan mengirim di rubrik opini Kendari Pos. (wan/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743