Pariwara
Metro Kendari

Persiapan MTQ Sultra Dimatangkan

Ilustrasi MTQ

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Provinsi Sultra mematangkan persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran ke-27 tingkat Provinsi Sultra. Kabupaten Buton Utara sudah ditunjuk menjadi tuan rumah sejak setahun lalu. Kini daerah itu sudah dianggap siap untuk menggelar event 2 tahunan itu. Jika tak ada aral melintang, 12 Maret mendatang, berbagai cabang lomba-lomba bernuansa Islami itu akan ditabuh.

Kepastian itu disampaikan Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat Provinsi Sultra, Muhammad Arfah. Kata dia, setelah Plt. Gubernur Sultra Saleh Lasata meninjau kesiapan akhir 2017 lalu, semua venue utama dan infrastruktur penunjang dinyatakan siap. “Makanya setelah Bupati Butur melakukan presentasi progres kesiapan mereka, disepakatilah waktu pelaksanannya 12 Maret. Mudah-mudahan tidak berubah lagi,” ujar Muhammad Arfah, rabu (17/1).

Terkait anggaran pelaksanaan kegiatan, meski ini program rutin Pemprov namun sebagian besar dananya bersumber dari tuan rumah. Pemprov Sultra hanya menyanggupi transportasi panitia provinsi dan dewan hakim lomba sebanyak 160 orang.

Soal akomodasi dan penginapan menjadi urusan Pemda Butur. “Anggaran kita terbatas, sedikit sekali. Jauh kalau mau sebut angka Rp 500 juta. Jadi mampunya kita ya hanya transportasi panitia dan dewan hakim itu,” ungkap Muhammad Arfah.

Sementara soal kondisi jalan dan ketersediaan armada angkutan itu juga sudah dikomunikasikan langsung oleh Pemda Butur. Dinas Perhubungan Sultra dan Dinas SDA dan Bina Marga akan menanganinya. “Sepertinya ada penambahan armada di Pelabuhan Amolengo. Kalau kesiapan jalan, silahkan tanya di PU, kalau laporan Bupati Butur semua kesiapan itu terus dimatangkan,” tambah Muhammad Arfah.

Berapa daerah yang akan terlibat, Arfah belum bisa menjawab. Sebab itu baru akan diketahui saat pendaftaran peserta. MTQ Provinsi yang digelar di Baubau, hanya Kabupaten Kolaka tidak ikut tanpa alasan ke panitia. “Yang jelas kita undang semuanya,” pungkasnya. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743