Pariwara
HEADLINE NEWS

Surunuddin-Arsalim Sukses Bangun Konsel, Infrastruktur Tertata, Angka Kemiskinan Menurun

Surunuddin-Arsalim

KENDARIPOS.CO.ID — Konawe Selatan (Konsel) mengalami kemajuan signifikan di bawah kepemimpinan Surunuddin Dangga dan Arsalim Arifin. Pasangan beda generasi ini mampu memaksimalkan semua potensi daerah, sehingga berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Mampu mengeluarkan Konsel dari predikat tertinggal, menurunkan angka kemiskinan, merehabilitasi ribuan rumah warga hingga gagasan menjadi pusat pembibitan sapi terbesar di Indonesia Timur, menjadi bukti sahih kesuksesan keduanya.

Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin (ketiga dari kanan) menyerahkan cinderamata kepada Bupati Konsel, Surunuddin Dangga (tengah) di kantor bupati, selasa (16/1). Foto: Kamal/Kendari Pos

Cerita kesuksesan pemerintah kabupaten (Pemkab) Konsel dalam mengelola potensi daerah disampaikan Bupati Konsel, Surunuddin Dangga saat menerima kunjungan silaturahmi Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin beserta jajaran di ruang kerja bupati Konsel, selasa (16/1). Dia mengaku akan terus bekerja maksimal menyelesaikan program pembangunan yang dicanangkan sampai masa jabatan berakhir. “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pembangunan daerah. Hal ini sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada masyarakat Konsel yang sudah memberikan kepercayaan,” jelasnya.

Dia menambahkan, beberapa program yang dicanangkan dan sebagian sudah terealisasi adalah pengembangan peternakan, perikanan, pertanian, serta penurunan angka kemiskinan melalui program rehabilitasi rumah tidak layak huni (Rutilahu) dan pariwisata. “Khusus sektor pariwisata, saat ini kita sedang genjot pengembangannya. Ada tiga lokasi yang jadi prioritas, yakni Pulau Namu, Rawa Aopa dan permandian Air Terjun Moramo,” terangnya.

Masih soal pariwisata, Namu sudah ditetapkan sebagai Desa Wisata dan saat ini sudah menjadi salah satu destinasi unggulan yang ramai dikunjungi wisatawan. Begitu juga permandian Air Terjun Moramo dan Taman Rawa Aopa. Menurut Surunuddin, supaya lebih maksimal butuh dukungan semua pihak, termasuk media.

“Kami menyadari, wisata Konsel bisa dikenal masyarakat Sultra, salah satunya berkat peran pemberitaan media, khususnya Kendari Pos. Makanya kedepan, saya minta kebersamaan ini bisa terus ditingkatkan,” harap mantan anggota DPRD Sultra itu.

Dirinya sangat yakin pariwisata Konsel bisa lebih maju. Sebab, lalu lintas wisatawan domestik maupun mancanegara harus lewat Konsel dulu sebelum ke tempat lain, ke Wakatobi misalnya. “Konsel punya bandara. Jadi sebelum wisatawan ke Wakatobi harus nikmati dulu potensi wisata di Konsel,” optimisnya.

Lebih jauh mantan Ketua DPRD Konsel ini menjelaskan, support media akan menjadikan pariwisata Konsel semakin dikenal publik. Disisi lain, melalui pemberitaan media juga, semua pembangunan di Konsel bisa diketahui masyarakat. “Jadi, semacam ada pertanggung jawaban publik yang kita sampaikan setiap saat. Kehadiran media benar-benar sangat membantu,” terangnya.

Surunuddin juga sempat menyampaikan gagasan besarnya untuk menjadikan Konsel sebagai pembibitan sapi terbesar di Indonesia Timur. Bersama Arsalim, sudah 400 hektare untuk pengembalaan sapi di Konsel. “Semua ini kami lakukan sebagai bentuk komitmen mendukung program kementerian pertanian (Kementan) menuju swasembada daging,” jelasnya.

Pihaknya juga telah membangun infrastruktur, seperti jalan aspal sepanjang 100 kilometer dan tiga buah jembatan mega proyek. Termasuk pembangunan kantor bupati. “Makanya saya bersama Arsalim berani pasang tagline Desa Maju Konsel Hebat. Namun demikian, sekali lagi saya tegaskan untuk memaksimalkan itu, kami sangat mengharapkan dukungan media,” harapnya.

Saat menerima kunjungan direksi dan jajaran manajemen Kendari Pos, Surunuddin didampingi wakil bupati Arsalim Arifin, Sekda Konsel Sjarif Sajang dan sejumlah pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemkab Konsel. Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengapresiasi keberhasilan pasangan Surunuddin-Arsalim dalam membangun Konsel. “Selama tiga tahun memimpin, saya lihat banyak perubahan. Seperti pembangunan jalan, kemudian dari sisi pembangunan desa. Tentunya ini sangat relevan dengan tagline Desa Maju Konsel Hebat. Kalau dulu pemerintah selalu beranggapan bahwa pembangunan itu harus dari kota, di Konsel kami lihat kebalikannya yakni membangun dari desa. Saya kira ini merupakan gagasan luar biasa yang sudah dilakukan pasangan Surunuddin-Arsalim,” ungkapnya.

Dirinya juga memuji harmonisasi yang terbangun diantara keduanya selama memimpin Konsel. “Ini sungguh luar biasa. Tiga tahun memimpin, tetap mampu menjaga kekompakan. Semoga ke depan bisa sampai 10 tahun memimpin Konsel,” katanya yang langsung diamini oleh bupati dan wakil bupati Konsel. Irwan juga melihat, Konsel masih berpeluang untuk terus berkembang. Sebab, komitmen pemimpinnya begitu tinggi dalam membangun dan mengembangkan berbagai potensi daerah. “Saya yakin pembangunan ini bisa berkesinambungan di bawah kendali Surunuddin-Arsalim,” optimisnya. (b/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778