Pariwara
Politik

PDIP dan Demokrat Siap Pertahankan Kursi Pimpinan Dewan

Wakil Ketua DPRD Made Tarubuana (kiri) bersama dengan pejabat Kementrian ESDM RI ketika melakukan konsultasi soal kelistrikan pada pekan lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan anggota legislatif di Konawe Utara (Konut) masih menyisahkan setahun. Namun persaingan untuk mempertahakan kursi di parlemen Konut mulai digaungkan. Tiga partai yang kini menjadi unsur pimpinan dilembaga DPRD Konut mulai menebar strategi di setiap sudut wilayah kecamatan. Diantaranya PAN, PDIP dan Partai Demokrat.

Pemasangam baliho calon anggota legislatif sudah terpampang disetiap sudut kecamatan maupun kabupaten denga label partai politik yang berbeda. Partai Demokrat salah satu partai pemegang palu sidang di DPRD dengan komposisi kursi sebanyak empat masih optimis jika kursi empuk ketua yang didudukinya masih bisa dipertahankan. Meski hegemoni dua partai penguasa yakni PBB dan PAN terus membayangi kursinya.

“Partai Demokrat optimis pertahankan unsur pimpinan di DPRD. Saat ini terus kita lakukan konsolidasi ditingkat DPC dan PAC agar kader dan simpatisan tetap solid menyongsong pilcaleg 2019 mendatang,”ujar Ketua DPC Partai Demokrat Konut, Jefry Prananda, kemarin.

Ketua DPRD Konut itu mengklaim jika partai yang dinahkodainya masih dicintai dan dibutuhkan masyarakat sebagai partai yang mewakili di DPRD Konut. Meski bayang-bayang dua partai penguasa yang memegang kendali pemerintahan yakni PAN dan PBB bukan menjadi soal bagi partai besutan Susilo Bambang Yuduyono itu.

“Kita target setiap daerah pemilihan (Dapil) terisi. Karena kader yang sudah kita siapkan mumpuni dan memiliki kantong suara yang jelas dan ril. Makanya kita optimis masih bisa mempertahankan unsur pimpinan,”kata Jefry Prananda.

Tak mau ketinggalan, PDIP Konut juga tak ingin kursi unsur pimpinan diambil ahli oleh parpol lain. Meski PDIP hanya mendapatkan tiga kursi di DPRD Konut yang mengantarkan PDIP Konut menjadi wakil ketua DPRD Konut. “Saya sebagai unsur pimpinan DPRD Konut masih optimis bisa menduduki kembali wakil ketua DPRD,”ujar Sekretaris DPC PDIP Konut, Made Tarubuana, kemarin.

Wakil ketua II DPRD Konut itu menilai jika semua parpol memiliki ambisi untuk merebut unsur pimpinan DPRD. Namun perebutan kursi pimpinan DPRD harus dilakukan dengan cara etis dan profesional. “Minimal satu dapil satu kursi bisa terisi. Setidaknya bisa kita pertahankan unsur pimpinan. Untuk merebut palu sidang pastinya ada niatan kesitu,”ujar anggota DPRD Konut dua periode itu.

Soal kehadiran dua partai penguasa yakni PBB dan PAN. Made Tarubuana mencoba menjawab dengan politis. Menurutnya kehadiran dua partai penguasa kontestasinya beda antara Pilcaleg dan Pilkada. “Kami paham, bicara pilcaleg dilihat dari kader, karena figur yang akan dilihat oleh masyarakat. Kalau untuk pribadi saya, semua parpol adalah saingan. Tapi harus bersaing secara sehat.

Berdasarkan hitungan PDIP, figur yang disiapkan oleh partai besutan Megawati Soekarno Putri itu disetiap daerah pemilihan memiliki peluang dan potensi akan mendulang suara. Karena figur yang didorong disetiap dapil memiliki basis massa yang ril dan jelas. Apalagi mereka adalah tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang memiliki elektabilitas yang mumpuni ditengah masyarakat. “Yang pasti, satu dapil satu kursi,”tantangnya. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778