Pariwara
Kolaka Utara

Harga Kebutuhan Pokok di Kolut Dijamin Stabil

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah umat Kristiani yang akan merayakan Natal dan tahun baru di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), memang terbilang kecil dari total penduduk di otorita Bupati, H. Nur Rahman Umar tersebut. Meski begitu, dalam menyambut hari besar tersebut, pemerintah memastikan harga kebutuhan bahan pokok dijamin stabil.

Sekretaris Dinas Perdagangan Kolut, Suwardi, menjelaskan, pada momem-momen hari besar di Kolut, kebutuhan pangan tidak begitu terpengaruh dengan kondisi di luar daerah. Apalagi, saat ini wilayah itu sedang menuju tahap kemandirian pangan yang segala persediaan diupayakan bisa dipenuhi dari produk dalam daerah sendiri.

“Seperti sayur mayur. Jika sebelum-sebelumnya Kolut kadang memasok dari Enrekang maupun Luwu Timur (Lutim), saat ini Pemkab sedang menuju budi daya tanaman hortikultura di seluruh wilayah baik cabai, kol, sayur mayur lainnya sudah banyak tersedia dari petani Kolut,” tuturnya, Rabu (13/12).

Begitu juga dengan persediaan kebutuhan pokok lainnya seperti beras. Pasokannya tersedia, apalagi saat ini sedang berlangsung musim panen pada sejumlah kecamatan. “Momen Natal dan tahun baru di Kolut tidak begitu berimplikasi pada kenaikan harga. Insyaallah kami bisa pastikan stabil,” yakin Suwardi.

Jikapun ada salah satu produk yang menjadi kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga, itu bisa dipastikan akibat persoalan keterlambatan distribusi dari produsen ke konsumen hingga mengakibatkan kelangkaan. Meski demikian, pihak Perdagangan Kolut berjanji akan melakukan pengawasan dan memastikan hingga pengujung 2017 ini harga kebutuhan pokok tetap stabil.

Di tempat terpisah, Kasubaghumas Polres Kolut, AKP Hasanuddin mengungkapkan hasil razia gabungan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Kolut yang dimulai sejak Selasa lalu. Di bawah komando Kapolres, AKBP Bambang Satriawan, setidaknya sudah ada 364 barang kedaluwarsa khusus di toko-toko besar di Lasusua yang disita.

“Barang terbanyak baik minuman botol, kaleng maupun sachet, susu, penyedap rasa hingga makanan kemasan yang sudah tak layak konsumsi. Penjual kadang tidak memeriksa masa kedaluwarsanya. Jadi pembeli harus jeli melihat, karena berbahaya,” pungkasnya. (b/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778