Pariwara
Metro Kendari

500 Paket Proyek Dilelang Tahun 2018

Rony Yakob

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah konsep anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2018 disetujui DPRD Sultra pekan lalu, Pemprov Sultra kini mulai menyiapkan dokumen lelang. Dengan total anggaran Rp 3,5 triliun, Pemprov diperkirakan memiliki 500 paket proyek yang akan diperebutkan oleh perusahaan atau kontraktor.

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (BPBJP) Pemprov Sultra, Rony Yakob mengatakan seluruh paket 2017 baik APBD maupun APBD Perubahan sudah tuntas dilelang. Kini pihaknya tinggal menunggu Rencana Umum (RUP) dari setiap SKPD.

Kata dia setelah adanya RUP maka akan diinput ke dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pemerintah (SIRUP). Kemudian, jika telah masuk semua, maka satuan kerja perangkat daerah (SKPD) akan mengajukan Kerangka Acuan Kerja (KAK) ke BPBJP. “KAK ini harus dilampirkan dengan HPSnya (Harga Penetapan Sendiri), karena ini akan dikaji oleh inspektorat soal standar dan kelengkapannya,” ujar Rony Yakob, jumat (8/12).

Jika inspektorat tak menemukan masalah dalam HPS itu, barulah BPBJP menurunkan kelompok kerja untuk lelang proyek itu. Seluruh proses itu kata dia bisa dilakukan Desember ini jika saja SKPD bergerak cepat. “Kalau lelang kita sudah siap, Pokja siap, hanya belum masuk ke kita yang dari SKPD itu, mungkin sedang dipersiapkan,” tambahnya.

Jumlah paket itu masih kata mantan PJ. Bupati Muna Barat ini hanya naik sedikit dari jumlah paket 2017 ini. Sebab kenaikan nominal APBD juga tak terlalu signifikan. “500 paket itu sudah termasuk APBN ya. Tak beda jauh dengan tahun ini,” pungkasnya. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778