Pariwara
HEADLINE NEWS

Siaga Pilkada, Antisipasi Terorisme

Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin (kiri) menyerahkan cinderamata kepada Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto usai pembukaan pelatihan kemampuan khusus di Mapolda Sultra, Kamis (30/11) lalu. Momen istimewa ini disaksikan pejabat utama (PJU) Polda Sultra dan anggota Brimob. Foto: LM Syuhada/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Kepolisian Daerah (Polda) Sultra terus mematangkan persiapan menghadapi event besar pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 dan pemilihan presiden (pilres) 2019. Tak hanya intens menggelar patroli dan mengidentifikasi titik-titik rawan, tapi juga pada aspek peningkatan kualitas serta kemampuan personil polisi, khususnya anggota brigade mobil (Brimob). Sebab, mereka adalah garda terdepan dalam menangani situasi konflik.

Seperti diketahui, khusus di Sultra, selain pemilihan gubernur (pilgub), ada juga tida daerah yang bakal ikut pilkada serentak tahun depan. Yakni pemilihan wali kota (pilwali) Baubau, pemilihan bupati (pilbup) Konawe dan pilbup Kolaka. Mengingat waktu pelaksanaannya serentak, sehingga memang butuh perhatian serius, utamanya pengamanan.

Siaga menghadapi pilkada dan antisipasi ancaman terorisme, seluruh Kapolres dan pejabat utama (PJU) Polda sultra mengikuti pelatihan kemampuan khusus bersama Brimob Sultra. Pelatihannya selama dua hari, mulai Kamis (30/11) hingga Jumat (1/12). Mereka begitu serius, bahkan sampai harus turun ke parit (sungai,red). Kapolda Sultra Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto, Kombes Pol Bambang Priyambadha, Wakapolda Kombes Pol Winarto juga ikut cebur ke sungai.

“Pelatihan khusus ini sengaja melibatkan para pejabat utama, demi menunjukan jiwa kepemimpinan yang sesungguhnya. Kepemimpinan itu harus dimulai dari pemimpinnya. Jika pemimpinnya sering memberikan contoh di lapangan, maka anak buahnya juga bisa mencontoh. Kesiapan dalam menghadapi pengamanan pilkada adalah wadah mengaplikasikan itu,” ungkap
Brigjen Pol Andap Budhi Revianto usai pelatihan kemampuan khusus di Mako Brimob Sultra, Kamis (30/11).

Andap ingin melihat semua pejabat harus turun ke lapangan ketika ada suatu problem. “Leader by the example. Pemimpin itu harus memberi contoh. Dalam pelatihan khusus ini, kita perlihatkan, bahwa pemimpinnya itu memang bisa memberikan contoh kepada anak buahnya,” jelasnya.

Lebih jauh Andap menjelaskan, pelatihan khusus ini juga sebagai persiapan menghadapi pilkada serentak 2018 serta pilpres 2019. Sekaligus mengantisipasi ancaman terorisme dan tantangan ke depan yang semakin kompleks. Sebab, sudah bukan rahasia umum lagi kalau kondisi geografis di Sultra, termasuk salah satu yang tingkat kerawanannya cukup tinggi.
“Makanya, kita harus mempersiapkan diri sedini mungkin menghadapi hal-hal tidak diinginkan. Terutama dalam waktu dekat ini, pelaksanaan pilkada dan pilpres,” ulangnya menegaskan.

Pengganti Brigjen Pol Agung Sabar Santoso ini menambahkan, secara teknis, pelatihan ini juga untuk meningkatkan kekompakan antar personel. Sebab, tantangan di lapangan saat ini semakin terstruktur, sehingga butuh kerja sama yang baik. “Kekompakan itu penting. Makanya, lewat cara seperti ini bisa lebih terbangun lagi kebersamaan itu,” imbuhnya.

Sebelum latihan dimulai, diadakan upacara pembukaan di Polda Sultra. Turut hadir Plt Gubernur Sultra HM Saleh Lasata, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh, Komandan Satuan Brimob Kombes Pol Kasero Manggolo, Fokompimda dan lainnya. Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin beserta jajaran juga hadir. Usai pembukaan, Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin memberikan cinderamata kepada Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revianto yang disaksikan pejabat utama Polda dan pasukan Brimob. Cinderamata ini sebagai bentuk apresiasi serta dukungan direksi dan jajaran managemen media pemilik tagline Santun dan Mengisnpirasi ini kepada Polda Sultra dalam menjaga kamtibmas di Sultra. (b/ade)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778