Pariwara
Metro Kendari

8.246 Wartawan Berkompeten

Wartawan berkompeten secara nasional mencapai 8.246 orang, termasuk 11 peserta yang dinyatakan kompeten dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar PWI Sultra. Tampak Ketua PWI Sultra, Sarjono (duduk, kanan) dan Sekretaris PWI Sultra, Mahdar Tayyong (duduk, dua dari kanan) bersama para penguji, dewan kehormatan dan peserta UKW. Foto: Zulfadli Nur/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah sukses menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kota Baubau, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra kembali menggelar (UKW) di Kota Kendari. Sebanyak 20 wartawan dari berbagai media massa mengikuti UKW di Zenith Hotel, Sabtu (2/12) lalu. Sayangnya, hanya 11 wartawan dinyatakan kompeten oleh tim penguji dari dewan pers dan PWI Pusat.

Ketua Komisi Pendidikan PWI Pusat, Hendro Basuki mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan kualitas wartawan di Indonesia melalui UKW. Ia berharap, di tahun 2017 ini jumlah wartawan yang berkompeten dapat mencapai target 9.000 orang. “Secara nasional, jumlah wartawan yang sudah berkompoten hingga saat ini yaitu 8.246, termasuk 11 wartawan yang dinyatakan kompoten pada UKW kali ini di Kota Kendari,” ujar Hendro Basuki saat penutupan UKW, Sabtu (2/12) malam.

Hendro optimis target 9.000 wartawan berkompeten akan tercapai tahun ini. Setelah di Kota Kendari, tim penguji terbang ke Aceh, Jateng, dan Jatim. “Dengan adanya dilaksanakannya UKW di tiga propinsi tersebut, kami berharap wartawan yang sudah berkompoten dapat mencapai target,” tuturnya diamini Sekretaris Dewan Penasehat PWI Pusat, Nur Hatumena.

Manager PWI Pusat, Said Iskandar mengungkapkan setelah menjalani sembilan sesi ujian, peserta yang dinyatakan kompeten sebanyak 11 orang. Sedangkan sembilan orang lainnya dinyatakan belum kompeten. “Sembilan tahapan memiliki nilai standar nilai 70. Adapun tahapan UKW kali ini yang dinilai diantaranya usulan liputan saat rapat redaksi, menulis berita, hingga jejaring. Dari tes tersebut, hanya 11 orang yang mendapatkan nilai di atas standar. Sedangkan sisanya memperoleh nilai dibawah standar,” ungkap pria yang juga salah satu penguji tersebut.

Ketua PWI Sultra, Sarjono menuturkan pelaksanaan UKW kali ini adalah kali keempat digelar tahun ini. Biasanya, sebelum UKW, panitia memberikan pembekalan kepada peserta. Namun, kali ini tidak sempat diberikan pembekalan. Menurutnya, status belum kompeten bukan peristiwa yang memilukan atau memalukan.

“Bagi yang belum berkompoten, momentum ini dijadikan untuk mengoreksi diri karena ternyata masih ada sebagian ilmu tentang kewartawanan yang belum dikuasai. Sehingga pada kesempatan berikutnya harus lebih siap. Untuk peserta yang dinyatakan sudah berkompoten, jangan merasa aman, karena tanggungjawabnya dalam menjaga profesionalisme dan integritasnya sebagai wartawan jauh lebih berat,” ujar Sarjono. (fad/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778