Pariwara
Wakatobi

APBD Wakatobi Terbatas, SKPD Harus Bidik DAK

KENDARIPOS.CO.ID — Keterbatasan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) membuat pemerintah kabupaten (Pemkab) Wakatobi tak maksimal meningkatkan pembangunan infrastruktur. Meski begitu, bukan berarti daerah yang kini memasuki usia 14 tahun tersebut tak bisa berkembang. Seluruh kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) didesak punya peranan penting dalam peningkatan pembangunan.

Bupati Wakatobi, H. Arhawi menegaskan, salah satu cara mendapatkan anggaran tambahan, harus dengan proaktif ke pemerintah pusat. “Jika 27 Kepala SKPD di Wakatobi mampu merebut masing-masing Rp 1 miliar saja dari dana alokasi khusus (DAK) maka itu dapat dipakai untuk pembangunan,” tantangnya, jumat (27/10).

Arhawi menegaskan, ia akan melihat sejauh mana langkah dan usaha seluruh pimpinan instansi dalam membidik anggaran-anggaran di pusat. “Jika tidak kreatif, maka akan kita evaluasi. Saya berharap tahun depan seluruh Kepala SKPD lebih kerja keras lagi,” pinta Wakatobi-1 itu.

Apalagi sebelumnya ia sudah menekankan kepada seluruh kepala SKPD khususnya berstatus pelaksana agar tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Tahun 2017 ini merupakan tahap orientasi bagi mereka untuk berkoordinasi dengan pihak provinsi maupun kementerian terkait.

“Ruang ini sebenarnya harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Apalagi Pemkab juga sudah memfasilitasi dengan anggaran yang ada,” sambungnya. Meski begitu, Ketua KONI Wakatobi itu berharap agar kesempatan yang telah diberikan tidak disia-siakan. “Yang jelasnya kalau dalam perjalanannya tidak ada hasil atau belum mampu “menjolok” anggaran, maka tentu ini akan jadi bahan evaluasi,” tandas Arhawi. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3743