Kesehatan

Hati-Hati Sering Begadang, Gula Darah Jadi Naik

Ilustrasi begadang. Foto: Int

Ilustrasi begadang. Foto: Int

kendaripos.fajar.co.id – Bagi penderita diabetes, begadang tidak lah baik. Imbasnya adalah meningkatknya insulin sehingga gula darah menjadi naik. Selain itu, begadang juga mengakibatkan produksi letptin menurun, sehingga hormon yang menekan nafus makan ikut menurun.

‘’Yang lebih berbahaya lagi, penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang begadang memiliki risiko 4 kali lebih tinggi mengalami inflamasi kronis yang menyebabkan penyakit stroke,’’ ungkap dokter spesialis penyakit dalam, dr Puri Safitri Hanum SpPD.

Penelitian terbaru dari Center of Sleep and Circadian Neurobiology di Universitas Pennsylvania bahkan menyebutkan, kurang tidur dapat mengakibatkan kerusakan otak. Terlalu lama bangun pada malam hari, sebut penelitian itu, merusak sel otak spesifik yang disebut locus ceruleus (LC) yang berperan membuat manusia terjaga.

’’Objek penelitian ini adalah tikus. Namun, hasil yang didapat membuat kita semua harus lebih berhati-hati. Kami akan meneruskan studi untuk mengetahui apakah efeknya sama terhadap manusia,’’ ujar Sigrid Veasey MD, profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Pennsylvania, pada CNN.

Dalam penelitian tersebut, tikus hanya diperbolehkan tidur 4-5 jam dalam sehari (24 jam). Hanya dalam tiga hari kekurangan tidur, mereka mengalami penurunan sel LC sebanyak 25 persen. Di sisi lain, penelitian di University of Surrey menghubungkan kekurangan tidur dengan gangguan fungsi gen yang memengaruhi metabolisme. (nhk)

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy