Pariwara
HEADLINE NEWS

Dikomandoi OC Kaligis, 18 Tahanan KPK Ini Sampaikan Petisi ke Jokowi

KENDARINEWS.COM, JAKARTA – Di tengah kesibukan menghadapi persidangan sebagai terdakwa kasus suap hakim PTUN Medan, Otto Cornelis Kaligis masih menyempatkan untuk mengorganisir rekan-rekannya sesama tahanan KPK di Rutan Guntur untuk membuat petisi.

203031_596363_OC_Kaligis_sidang2_d

OC Kaligis

Ya, Kaligis dan 18 orang tahanan KPK lainnya pada tanggal 6 Oktober 2015 lalu membuat sebuah petisi yang dikirim ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Petisi terkait penanganan kasus dugaan pidana dua pimpinan KPK nonaktif Abraham Samad dan Bambang Widjojanto.

“Kami para tahanan KPK di Rutan Guntur yang tidak gentar menghadapi sidang peradilan sesuai amanah UUD, bahwa Republik Indonesia adalah negara hukum dengan mengacu pada Pasal 27 UUD, equality before the law  dengan ini mengajukan petisi sebagai berikut,” demikian isi pembukaan dari salinan petisi yang diterima wartawan, Kamis (8/10).

Kaligis Cs merasa risau lantaran melihat adanya upaya politik untuk menghentikan penanganan perkara Abraham dan Bambang di tengah jalan. Bahkan beberapa waktu lalu sejumlah akademisi sampai mendesak Presiden Joko Widodo untuk turun tangan menghentikan perkara keduanya.

Menurut mereka, semua warga negara Indonesia harusnya mendapat perlakuan yang sama di hadapan hukum. Karena itu, seperti tersangka kasus pidana lainnya, bersalah atau tidaknya Abraham dan Bambang harus dibuktikan secara hukum di pengadilan. “Bahwa model deponering atau tidak meneruskan perkara Bambang Widjojanto dan Abraham Samad ke pengadilan, tentu mencederai rasa keadilan kami yang dituntut KPK,” tegas para tahanan KPK itu.

Atas dasar itu pula mereka meminta Presiden Jokowi untuk tidak mengintervensi penanganan perkara Abraham dan Bambang. “Karenanya permohonan kami agar perkara mereka dilimpahkan segera ke pengadilan demi tegaknya hukum di Indonesia sebagai negara hukum,” tutup para koruptor itu.

Kaligis sebagai inisiator menjadi orang pertama yang menandatangani petisi ini. Eks Menteri Agama Suryadharma Ali, eks Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajudin, Bupati Morotai Rusli Sibua dan Bupati Empat Lawang Budi Antoni Aljufri juga ikut membubuhkan tanda tangan. (dil/jpnn)

Berikut nama-nama tahanan yang menandatangani petisi :

1. Otto Cornelis Kaligis
2. Dr Tafsir Nurchamid
3. Waryono Karno
4. Mulya Hasjmy
5. Rusli Sibua
6. Ilham Arif Sirajudin
7. Sugiarto
8. Abdul Rouf
9. Rizal Abdullah
10. Suryadharma Ali
11. Heru Sulaksono
12. Antonius Bambang Djatmiko
13. Budi Antoni Aljufri
14. Dadang Prijatna
15. Made Meregawa
16. Jamaluddien Malik
17. Kasmin
18. Adriansyah


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendari1/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778