Pariwara
Edukasi

Aneh! Status Nonaktif, PTS Tetap Aktif, Tunggu Sanksi Kemenristek….

KENDARINEWS.COM, JAKARTA — Setelah ijazah palsu dan wisuda bodong, dunia pendidikan tinggi Indonesia digemparkan dengan daftar 243 kampus nonaktif. Perguruan tinggi berbagai jenjang ini tersebar dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia.

20150817empat-kampus-negeri-berubah-stastus-jadi-ptn-berbadan-hukum_20150817_125852

ILUSTRASI MAHASISWA PTS

Berbagai kalangan pun mempertanyakan makna dari sanksi nonaktif yang diberikan kepada ratusan PTS tersebut oleh Kemenristek Dikti. Disebabkan ratusan kampus yang telah dibekukan tersebut masih ada saja  yang melakukan proses perkuliahan, menerima mahasiswa baru dan mewisuda. Aneh kan..?

Dirjen Kelembagaan Kemeneristek Diktif Patdono Suwignjo menjelaskan, selama menyandang status nonaktif ada beberapa larangan serta sanksi yang harus dipatuhi perguruan tinggi. Jika suatu program studi (prodi) berstatus nonaktif, maka prodi tersebut dilarang menerima mahasiswa baru untuk tahun akademis baru.

“Selain itu, prodi tersebut juga tidak memperoleh layanan Ditjen Kelembagaan Iptek Dikti dalam bentuk beasiswa, akreditasi, pengurusan nomor induk dosen nasional (NIDN), sertifikasi dosen, hibah penelitian, dan partisipasi kegiatan Ditjen Kelembagaan Iptek Dikti,” kata Patdono saat ditemui di Kemenritek Dikti, Jakarta, Selasa (6/10).

Kemudian, kata Patdono, jika perguruan tinggi yang berstatus nonaktif, maka kampus tersebut dilarang menerima mahasiswa baru untuk tahun akademis baru dan dilarang melakukan wisuda, sebelum melakukan perbaikan atas kesalahannya. (hadrian  mapa/b)

[ads1]


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendari1/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
loading...
2 Comments

2 Comments

  1. Agus Heryan Sopyana

    8 Okt 15 16:09 at 16:09

    Tidak aneh, biasa saja.
    PTS non-aktif masih boleh melaksanakan proses belajar mengajar, karena tidak ada larangannya dari dikti.
    dan kampus non-aktif masih boleh melaksanakan wisuda (kecuali terjadi dualisme kepemimpinan dan atau kasus kualifikasi pemimpin yang tidak dapat dipercaya)

    Alangkah baiknya saudara Hadrian sebelum memposting ini membaca dulu “PANDUAN PENGAKTIFAN KEMBALI STATUS PT/PROGRAM STUDI “NON-AKTIF” PADA PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI” (bisa diunduh pada situs http://www.forlap.dikti.go.id)

  2. Rifai

    9 Okt 15 10:24 at 10:24

    http://video.republika.co.id/berita/video/berita/15/10/06/nvswru216-243-perguruan-tinggi-swasta-non-aktif-bukan-diterbitkan-dikti

    jadi yang bener2 non aktif yang mana..dikti aja ga mengklarifikasi secara resmi di webnya…seakan2 digantung itu beritanya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778