Pariwara
Kolaka Utara

Gebrakan Pilkades Tercepat, Kandas di Meja Dewan Kolut

Ilustrasi

Ilustrasi

KENDARINEWS.COM, LASUSUA –- Gebrakan yang direncanakan Pemkab Kolaka Utara tampaknya akan batal. Adanya regulasi pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak hingga, saat ini belum digelar. Padahal daerah yang dipimpin Rusda Mahmud selaku Bupati Kolut itu, punya rencana akan melakukan Pilkades tercepat di Sultra.

Pelaksanaan Pilkades serentak itu, terhambat di meja DPRD Kolut. Pasalnya, hingga saat ini, rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait Pilkades serentak belum dibahas Dewan. Kendati demikian, penetapan Raperda menjadi Perda juga tidak berlaku secara otomatis. Tapi butuh waktu, baru Perda itu bisa diterapkan.

“Raperda itu baru akan dibahas dalam waktu dekat in, baru akan dilakukan penetapan. Tidak secepat itu (Pilkades serentak), karena setelah selesai penetapan, Perda baru bisa diberlakukan setelah enam bulan dan mungkin itu sudah masuk 2016,” begitu kata H.Hidayat anggota DPRD Kolut kepada kendariNews.com, Selasa (8/9).

Alasan para wakil rakyat belum membahas Raperda Pilkades lagi-lagi tak lain karena anggran. “Anggaran yang minim merupakan penyebab lambannya kinerja dewan dalam penggodokan naskah akademik hingga proses sosialisasinya,” terangnya. (Rusly/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy