Pariwara
Edukasi

Wujudkan Maba Optimis dan Bertalenta

 

“11.000 Maba Ikut MHMMD”

Yusuf/KP__Mahasiswa baru tahun akademik 2015/2016, saat mengikuti pendidikan karakter dengan konsep Mengelola Hidup Merencanakan Masa Depan di Auditorium Mokodompit, Jumat (14/8).

Yusuf/KP__Mahasiswa baru tahun akademik 2015/2016, saat mengikuti pendidikan karakter dengan konsep Mengelola Hidup Merencanakan Masa Depan di Auditorium Mokodompit, Jumat (14/8).

 

Kendari — Sebelum menjalani proses perkuliahan, Mahasiswa baru (Maba) diharapkan sudah mengenal potensi dan keunggulan masing-masing. Untuk itulah, pihak Universitas Halu Oleo (UHO) mewajibkan pendidikan karakter dengan Mengelola Hidup Merencanakan Masa Depan (MHMMD) pada Maba yang kali ini diikuti 11 ribu orang.

Kepala UPT Pendidikan Karakter, Dr. Darnawati, M.Pd., menuturkan bahwa pihaknya kembali melaksanakan MHMMD sebagai pengganti orientasi pengenalan kampus atau yang dikenal Ospek.

“Kami yakin MHMMD menjadi konsep yang ideal untuk membekali mereka dalam menempuh studi di kampus ini.
Olehnya itu, kami berharap Maba kita yang tersebar dalam 17 gugus dan 24 kelas mengikuti kegiatan ini dengan baik dari tanggal 13-14 Agustus 2015,” ungkapnya.

Secara terpisah, Master Trainer Pendidikan Karakter MHMMD, Dr. Marwah Daud Ibrahim mengungkapkan, melalui pola MHMMD mahasiswa baru diajak untuk mengubah pola pikir agar optimis, berpikir positif dengan berencana. Artinya dengan memecahkan potensi yang mereka miliki dan mencari peluang yang ada untuk dimanfaatkan.

“Sayang justru orang luar yang lebih melihat potensi tersebut. Kita juga mengajak mereka untuk fokus mengembangkan talenta, sehingga proses kuliah akan mempertajamkan keunggulan mereka masing-masing. Paling kunci yang kita ajak mereka membuat peta impian, dinilai efektif untuk melatih mahasiswa baru untuk fokus sehingga tidak menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat,” tandasnya.

Sementara itu, Maba Fisip, Hedard, mengaku program pelatihan dengan pola MHMMD tersebut banyak memberikan pembelajaran, utamanya dalam merencanakan masa depan dengan baik. “Kami dilatih dan diajarkan untuk mengatur rencana untuk merencanakan masa depan selama menimbah ilmu di kampus ini,” ujarnya.

Mahasiswa Baru FMIPA, Nurastuti mengaku senang mengikuti pendidikan karakter karena selain menambah ilmu pengetahuan juga banyak teman baru yang dikenal. “Olehnya itu, bukan hanya teman satu sekolah yang kita kenal, tapi juga dari sekolah yang tidak kenal sebelumnya, bahkan dari fakultas lainnya,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Herisa Asmiati Muhdar, mahasiswa baru dari Fisip. Kata dia, melalui kegiatan tersebut banyak teman yang didapatkan, plus pengalaman dan ilmu pengetahuan. “Melalui kegiatan ini kita dapat merencanakan proses perkuliahan dengan sebaik baiknya,” katanya. (myu/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy