HEADLINE NEWS

Satu Persyaratan Kurang, Tetap Dicoret

::KPU Mulai Verifikasi Berkas Pencalonan::

La Ode Abdul Natsir Muthalib

La Ode Abdul Natsir Muthalib

Kendari — Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan, tidak ada toleransi bagi bakal calon kepala daerah maupun wakilnya untuk memperbaiki kekurangan berkas. Pasca berakhirnya masa perbaikan berkas, KPU tinggal melakukan verifikasi kelengkapan persyaratan. Jika ditemukan masih ada syarat belum terpenuhi atau tidak dilengkapi, pasti dicoret.

Komisioner KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib menegaskan, syarat pencalonan Pilkada sifatnya kumulatif. Artinya semua syarat dinilai sama urgensinya. Sehingga salah satu saja tidak dilengkapi pasti digugurkan. Dan sudah pasti tidak akan ditetapkan sebagai pasangan calon (Paslon) 24 Agustus mendatang.

“Sekalipun hanya kekurangan foto saja misalnya, atau syarat lain yang dianggap sepele pasti tetap dicoret. Dalam aturannya syarat itu sifatnya kumulatif dan mengikat sehingga wajib dipenuhi,” ungkapnya, kemarin.

Mantan Ketua KPU Kota Kendari menambahkan, perlakuan serupa juga berlaku bagi bakal pasangan calon perseorangan. Semua kekurangan dukungan KTP harus dimasukan, untuk selanjutnya difaktualisasi (verifikasi lapangan).

“Hasilnya nanti akan diplenokan mulai tingkatan PPS, PPK hingga KPU Kabupaten. Jika memenuhi syarat dukungan, pasti diakomodir dan bakal ditetapkan sebagai pasangan calon. Tapi kalau tidak memenuhi pasti dicoret,” terangnya.

Saat ini KPU tujuh kabupaten sedang melakukan proses penelitian berkas hasi perbaikan. Proses itu akan berlanjut hingga sepekan kedepan. Koordinator Divisi Sosialosasi, Hubmas dan Pendidikan Pemilih KPU Sultra tersebut membeberkan, saat ini sangat krusial bagi semua kandidat, karena menjadi penentuan mereka lolos atau tidak.

“Endingnya nanti hanya dua saja. Ditetapkan sebagai pasangan calon atau dicoret. Yang pasti KPU akan sangat hati-hati dalam melakukan penelitian berkas,” tandasnya. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy