Pariwara
Bau-bau

Pertama Kalinya, Lima Warga Baubau Lulus STTD Kementerian Perhubungan

ok

Drs. Amiruddin, MSi

KENDARINEWS.COM, BAUBAU — Lima alumni SLTA di Kota Baubau membuat kejutan, karena untuk pertama kalinya mereka tercatat sebagai orang pertama di Baubau yang berhasil lulus masuk Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. Seleksi masuk STTD itu diikuti secara serentak di seluruh Indonesia.  Dari 155 yang dinyatakan lulus, lima diantaranya siswa asal Baubau tersebar diberbagai jurusan.

Kadis Perhubungan Kota Baubau Drs Amiruddin MSi mengaku sebelum dinyatakan lulus, kelima siswa tersebut mengikuti seleksi bersama dengan puluhan calon siswa lain yang sudah mendaftar menjadi colon taruna STTD. Seleksinya berupa tes akademik, uji kesehatan, uji olahraga, psikotes dan wawancara.

“Seleksi itu dilakukan langsung oleh tim dari Kementerian Transportasi Darat yang datang di Kota Baubau. Sementara untuk psikotes dan wawancara dilakukan di sekolah tinggi transportasi darat yang ada di Bekasi,” kata Mantan Kadis Sosial Nakertrans Kota Baubau itu kepada kendarinews.com di ruang kerjanya, Selasa (18/8).

Keberhasilan para siswa itu tidak terlepas dari komitmen pemerintah Kota Baubau dalam mempersiapkan generasi yang ahli dibidang transportasi. Hal itu diwujudkan melalui kesepakatan bersama dalam bentuk MoU yang ditandatangani Walikota Baubau, AS Thamrin dengan Ketua STTD Kemenhub RI, Zulmafendi, SE, MSc yang dilaksanakan di Bali belum lama ini. Lima siswa asal Baubau itu lulus pada jurusan D4 transportasi darat dan jurusan D3 lalu lintas jalan masing-masing satu orang, jurusan D3 perkeretaapian dua orang dan D3 lalu lintas angkutan sungai darat dan penyeberangan jgua satu orang.

“Hari ini (19/8) para taruna STTD itu resmi diterima di kampus STTD dan mereka berangkat didampingi orang tua masing masing dan Sekretaris Dishub Amaluddin. Jika selesai menempuh pendidikan, mereka akan langsung mendapat tugas dinas, seperti halnya para alumni STPDN,” tuturnya lagi.

Amiruddin berharap dengan lulusnya putra putri sebagai taruna menjadi langkah awal bagi generasi di daerah untuk berminat menjadi calon ahli transportasi. Setelah semua ini berjalan, Dinas Perhubungan Kota Baubau tengah menjajaki peluang pendidikan untuk transportasi laut. “Kita sementara upayakan di kementerian semoga di tahun ajaran baru mendatang putra-putri di Kota Baubau bisa melanjutkan pendidikan di sekolah taruna Kementerian Perhubungan bidang kelautan,” tutupnya. (La Ode Aswarlin/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy