Pariwara
HEADLINE NEWS

Pengunduran Diri Anggota DPRD Segera Diproses

Salah satu pasangan calon ketika melakukan tes kesehatan di Rumah Sakit.

Salah satu pasangan calon ketika melakukan tes kesehatan di Rumah Sakit.

Kendari — Tes kesehatan dan psikologis pasangan calon kepala daerah sudah sudah berakhir. Mestinya, hasilnya sudah bisa diketahui kondisi para kandidat. Sayangnya, dokter tidak mau menjelaskan hasil pemeriksaan tersebut. Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra, dr Hj Andi Hasna Syuaib menjelaskan, hasil pemeriksaan para calon kepala daerah tidak bisa disampaikan di publik. Hal itu hanya menjadi konsumsi Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebagai salah satu syarat calon di Pilkada.

“Hasilnya sudah ada. Tapi kami tidak bisa sampaikan ke publik. Kecuali KPU, karena kesepakatannya seperti itu. Termasuk untuk para calon kalau diperlukan,” ungkap Andi Hasna kemarin.

Komisioner KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib menjelaskan, hasil pemeriksaan kesehatan dan psiko para kandidat sudah ada hasilnya. Hanya saja, pihaknya tidak melihat secara detail hasil pemeriksaan tersebut. Yang dibutuhkan KPU kata dia, kesimpulan dari dokter. Apakah kandidat itu sehat atau tidak.

Kalau detail hasil tes kesehatan itu ada di dokter. Tapi mereka juga dibatasi kode etik untuk tidak menyampaikan hal seperti itu di publik. “Sekali lagi yang paling utama bagi KPU kesimpulan dokter. Soal rinciannya tidak terlalu perlu. Meskipun mungkin tetap akan disampaikan juga ke KPU. Kalaupun ada, KPU juga tidak bisa sembarangan publikasikan,” terangnya.

Mantan Ketua KPU Kota Kendari ini menambahkan, jika kesimpulan dokter, ada kandidat tidak memiliki kesehatan yang baik atau terbukti narkoba maka pasti dianggap tidak memnuhi syarat. “Pastinya, mereka memenuhi syarat atau tidak akan ketahuan saat penetapan pasangan calon, 24 Agustus mendatang,” tandasnya. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy