Pariwara
Buton Utara

KPUD Minta Tambahan Anggaran Pilkada, Pemkab Butur “Mencicil”

1438189771_hado hasina

Hado Hasina

KENDARINEWS.COM, BURANGA — Permintaan tambahan anggaran  dari penyelenggaran Pilkada Butur yakni KPUD, Panwas, dan pihak keemanan membuat Pemkab Butur harus “mencicil”. Sebab, adanya permintaan tersebut, pemerintah setempat harus mengalokasikan lagi dalam APBD-P 2015 ini, karena dana yang telah diporsikan sebelumnya tak mencukupi.

Plt Sekda Butur Ir Hado Hasina, MT menjelaskan dari rincian Rp 49 miliar dana APBD-P yang telah disusun dan akan ditetapkan DPRD nantinya, di dalamnya sudah termasuk tambahan anggaran untuk penyelenggara Pilakda. Makanya, para SKPD di daerah itu diharapkan harus berhemat, sebab anggarannya dipangkas demi untuk mengikuti kehendak penyelenggara.

“Dalam APBD-P itu, pasti akan ada pergeseran anggaran oleh tiap-tiap SKPD. Tapi itu tinggal disesuaikan dengan kebutuhan daerah yang sifatnya sangat mendesak. Karena rincian APBD-P itu, di dalamnya diporsikan untuk mencukupi kebutuhan pelaksanaan Pilkada Butur khususnya permintaan tambahan dari penyelenggara, dalam hal ini KPUD Butur, Panwaslu, dan pihak keamanan,” jelas Hado Hasina yang juga Kadis PU Butur itu kepada kendariNews.com, Selasa (25/8).

Makanya, sesuai perhitungan Hado Hasina mengaku, dari jumlah APBD-P tersebut, sikatar Rp 5 miliyar yang akan di porsikan untuk kebutuhan penyelenggara Pilkada. “Sesuai permintaan, saya hitung-hitung sisa Rp 5 miliar itu yang akan diporsikan untuk penyelenggara,” tutupnya.

Sekedar diketahui, sebelumnya Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKD) Butur La Ode Siamse mengaku awalnya Pemkab Butur mengalokasikan sebesar Rp 13 Miliar dari dana hibah daerah untuk dana Pilkada 9 Desember nanti. Rupanya anggaran itu masih dianggap minim oleh KPU, sehingga meminta untuk penambahan Rp 2 miliar lebih. Makanya, anggaran pemilihan bupati dan wakil bupati di daerah itu khusus untuk KPU mencapai Rp 15,934 Miliar. Sedangkan, Panwaslu mendapat anggaran sebesar Rp 4, 655 miliar dan Polri Rp 1, 601 miliar serta TNI Rp 695 juta. Sehingga total anggaran Pilkada Butur mencapai  Rp 22, 886 miliar.

Anggaran pilkada  itu, cukup besar jika dibandingkan dengan Pilkada tahun 2010 silam yang hanya menelan anggaran Rp 13,5 miliar. Sebab alokasi anggaran Pilkada 2010, untuk KPU hanya Rp 11 miliar, Panwaslu Rp 1,5 miliar, TNI dan Polri hanya disiapkan sebesar 1 miliyar. (La Gola/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy