HEADLINE NEWS

KPU Muna Minta Fatwa, Nasib “Rumah Kita” di Tangan KPU Pusat

rusman

RUSMAN EMBA – MALIK DITU

KENDARINEWS.COM, JAKARTA — Penentuan lolosnya bakal pasangan calon menjadi Paslon Bupati dan Wakil Bupati untuk bertarung dalam Pilkada serentak 9 Desember nanti, akan diketahui 24 Agustus mendatang. Tak terkecuali dalam Pilkada Kabupaten Muna, karena satu bakal Paslon dengan akronim Rumah Kita, Rusman Emba – Malik Ditu dikabarkan  belum melengkapi semua syarat administrasi pencalonannya. Kendati demikian, keputusan lolosnya bakal Paslon tersebut, kini ada di tangan KPU pusat.

Syarat administrasi pencolanan yang belum dipenuhi itu terkait dengan surat keterangan dari pengadilan yang menerangkan bahwa bakal Paslon Rusman Emba-Malik Ditu tidak  sedang memiliki tunggakan atau tanggungan utang. Dokumen atau syarat  pencalonan itu, mestinya telah dilengkapi paling lambat 7 Agustus lalu. Makanya KPU Muna kini sedang konsultasi di KPU RI untuk meminta petunjuk terkait masalah tersebut.

Ketua KPU Kabupaten Muna Amir Rambega menjelaskan bahwa pihaknya telah pro aktif memberitahu pasangan Rusman Emba-Malik Ditu untuk melengkapi segala persyaratannya sebelum tanggal 7 Agustus lalu. Bahkan adanya masalah tersebut, ia mengaku bahwa KPU Muna bersama KPU Provinsi Sultra telah bersurat secara resmi kepada KPU pusat, untuk meminta masukan.

“Jadi terkait rekomendasi yang akan di keluarkan KPU pusat, kami dari pihak KPU Muna belum bisa memastikan apakah itu dalam bentuk surat edaran yang meringankan bakal calon (Rusman Emba-Malik Ditu) atau sebaliknya,” kata Amir Rambega kepada wartawan kendarinews.com di Jakarta, (19/8).

Amir  Rambega juga menegaskan, surat keterangan tidak sedang memiliki tanggungan utang yang dikeluarkan pengadilan tersebut merupakan salah satu syarat mutlak dan wajib  harus dilengkapi setiap balon calon serta menjadi penentu balon lolos berkas yang akan diumumkan 24 Agustus mendatang. (Hadrian Indra Mapa/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy