Pariwara
Buton Utara

KPU Butur Resmi Tetapkan Tiga Calon Kada

uploads--1--2015--06--58875-ilustrasi-pilkada-serentak-inilah-tahapan-pendataan-dps-jelang-2015KENDARINEWS.COM, BURANGA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton Utara resmi menetapkan tiga calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung pada Pilkada serentak di Butur 9 Desember nanti.  Mereka adalah pasangan Ridwan Zakariah-La Djiru (RINDU), Abu Hasan-Ramadio (ABR), dan Ganiun-Gamsir (GAGA). Pasangan RINDU di dukung enam partai politik yakni PAN, PKS, Hanura, Gerindra, PKPI.

Sementara pasangan ABR di dukung tiga partai politik yakni PDIP, Demokrat, dan PKB. Satu partai yang mengusung kedua pasangan calon (Paslon) tersebut Golkar, versi Agung Laksono dan versi Aburizal Bakri dicoret sebagai salah satu peserta.

Untuk pasangan perseorangan GAGA, juga telah memenuhi surat dukungan suara yang sebelumnya pada saat pendaftaran, hanya mampu mengumpulkan 4.756 dukungan, kurang 1.112 KTP. Pada saat proses perbaikan pasangan GAGA berhasil menambah dukungan sebanyak 2.601 suara. Sehingga secara keseluruhan mencapai 7.573 suara.

Proses penetapan pasangan calon (Paslon) dilakukan hari ini. KPU membuka sidang pleno secara terbuka yang diikuti 5 anggota komisioner, ketiga paslon beserta pendukung dan simpatisan. Penetapan paslon kada Butur ini, tertuang dalam surat keputusan (SK) KPU Butur nomor 09/Kpts/KPU.kab/026.964880/VIII/2015, tentang penetapan calon bupati dan wakil bupati Butur 2015-2020.

Sidang pleno terbuka turut disaksikan ketua Bawaslu Sultra, ketua DPRD, Kapolsek Kulisusu, Danramil 1416-04/Kulisusu, Panwaslu Butur, serta parah tokoh adat dan tokoh masyarakat. Pleno terbuka dimulai pukul 10.12 Wita, dipimpin langsung ketua KPU Butur Suhuzu, SH, MH. Meski dihadiri ratusan pendukung masing-masing paslon, tetapi suasana penetapan calon berlangsung aman dan lancar. Tidak ada riak-riak yang dilakukan para simpatisan.

Komisioner KPU Butur Alwi, memaparkan proses pendaftaran paslon bahwa, pada saat pendaftaran yang dibuka sejak 27 Juli lalu, paslon RINDU telah mendaftarkan diri. Ada beberapa catatan yang diberikan oleh KPU untuk melengkapi berkas paslon. “Termasuk pasangan ABR dan GAGA yang mendaftar pada tanggal 28 Juli lalu. Mereka diberikan beberapa catatan terkait dengan kelengkapan berkas mereka,” ungkap, Alwi.

Kata Alwi, pasangan RINDU di dukung 13 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Butur. ABR mendapat dukungan 4 kursi. “Semua berkas persyaratan mereka telah dipenuhi pada masa tahapan perbaikan berkas. Kami sudah lakukan verifikasi faktual. Termasuk surat dukungan paslon perorangan,” tuturnya.(La Gola/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy