Pariwara
Edukasi

IAIN Kendari Buka Pendaftaran Lokal

::Siapkan 390 Kuota Maba::

Yusuf/KP__Suasana layanan pendaftaran seleksi lokal IAIN Kendari, Selasa (4/8).

Yusuf/KP__Suasana layanan pendaftaran seleksi lokal IAIN Kendari, Selasa (4/8).

Kendari — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari kembali membuka kesempatan bagi calon Mahasiswa baru (Maba) untuk melanjutkan studi pada lembaga pendidikan Islam tersebut melalui jalur seleksi lokal. Jalur yang pendaftarannya dibuka tanggal 1-8 Agustus ini, menyiapkan 390 kuota Maba.

Wakil Rektor I IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag., mengatakan, kuota yang disiapkan sebanyak 390 kursi yang tersebar pada 22 Program studi (P.rodi) dari empat fakultas yang ada. Hanya saja, pihaknya tidak memberi peluang bagi mahasiswa untuk mengganti pilihan Prodi setelah mereka dinyatakan lulus nanti.

“Diharapkan calon mahasiswa menetapkan pilihan Prodi yang tepat sejak awal sesuai dengan bidang keilmuan yang diminati. Persyaratan untuk mendaftar jalur lokal calon mahasiswa baru cukup mudah hanya dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.100 ribu pada bank BRI Cabang Kendari, BRI Unit Syech Yusuf dan Teras BRI Ranomeeto,” ungkapnya.

Calon pendaftara cukup melampirkan pasfoto dan foto copy ijazah atau dapat diganti dengan surat keterangan lulus. Hingga saat ini, IAIN Kendari telah menyelenggarakan dua kali seleksi penerimaan mahasiswa baru yaitu melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN – PTKIN) dan Ujian Masuk PTKIN dengan total peminat lebih dari 4 ribu orang yang berasal dari Sulawesi Tenggara dan sejumlah daerah lainnya seperti Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Maluku.

“Sekitar 1900 pendaftar dinyatakan lulus melalui SPAN PTKIN dan 204 orang dinyatakan lulus melalui jalur UM PTKIN. Pendaftar dari luar Sulawesi Tenggara cukup banyak, untuk itu kami menyediakan fasilitas asrama di Ma’had Aljami’ah dengan mengadopsi sistem pesantren. Mereka akan dibina oleh beberapa pengasuh sehingga para orang tua tidak perlu khawatir terhadap kegiatan dan pergaulan anaknya” jelasnya.

Mengakomodir mahasiswa dengan kemampuan ekonomi dibawah rata-rata, tahun ini IAIN Kendari menyiapkan beasiswa bagi mahasiswa miskin berprestasi sebanyak 323 orang. Selain itu, kampus yang dipimpin Dr. H. Nur Alim ini, juga menyediakan beasiswa Tahfodz bagi mahasiswa penghafal Alquran, Beasiswa Supersemar dengan persyaratan memperoleh IPK tertinggi pada tingkat fakultas dan beasiswa bidikmisi. (myu/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy