HEADLINE NEWS

Gampang…Calon Tunggal Pilkada, Buat Seperti Pilkades

urlKENDARINEWS.COM, JAKARTA — Fenomena calon tunggal dalam Pilkada Serentak 2015, yang masih menjadi polemik ternyata  membuat Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, geleng-geleng kepala. Itu terjadi ketika Megawati bercerita di hadapan kader partainya di kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (27/8).

Namun demikian, Mega menilai munculnya calon tunggal sebagai contoh baik untuk bahan evaluasi ke depannya.  “Ketika ternyata ada calon tunggal seperti tidak ada jalan keluar. Padahal saya dengan gampang buat saja seperti kepala desa. Tapi memang ini bagian dari politik sehingga didiskusikannya panjang  lebar,” kata Megawati.

Yang membuat Megawati geleng-geleng kepala adalah seringkali hal teknis mengalahkan substansi. Seperti pada Pilkada Serentak, yang seharusnya tetap berada di ranah demokrasi tanpa mengorbankan kepentingan rakyat.

Meski dengan calon tunggal, Pilkada dengan satu pasang calon mestinya tetap bisa terjadi meski melawan bumbung kosong. “Kalau saya gampang saja, ini bukan soal pelaksanaan teknis, tetapi wujud utamanya bagaimana kita tetap berada dalam ranah demokrasi Indonesia. Yang penting bagaimana rakyat dapat memilih pemimpinnya, bukan teknisnya,” tutur dia. (fat/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy