Pariwara
Kolaka

1.912 Peserta, 34 Lolos Passing Grade SKD

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
PANTAU HASIL : Keluarga dan rekan peserta SKD memantau nilai para pelamar CPNS Kolaka Utara pada satu layar elektronik di sisi gedung lokasi ujian.

KENDARIPOS.CO.ID — Seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) sudah dimulai sejak Senin 19 November lalu di kantor BKPSDM Kolaka. Pada hari pertama ujian yang terbagi ke dalam empat sesi tersebut, hanya tiga orang yang berhasil lolos. Ada seorang peserta wanita dan dua pria. Plt. Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kolut, Jumadil, membenarkan hal itu. Peserta yang lolos pertama di sesi satu merupakan warga Kolaka disusul dua pria lainnya masing-masing asal Kolut dan Luwu Timur. “Selamat bagi yang lolos,” katanya.

Total peserta yang hadir dihari pertama ada 271 orang dan sembilan lainnya absen. Untuk peserta yang lulus mengikutis SKD sesi pertama dan kedua. Sementara itu pada giliran ketiga dan empat, semua tak lolos. Rata-rata karena tak memenuhi standar tes kepribadian. Jumadil memberikan tips pada para peserta agar jika sudah bisa meyakin nilai dari satu kategori sudah mencukupi standar, maka sebaiknya segera beralih ke kategori lain agar tidak kehabisan waktu menjawab soal. Sekretaris Kabupaten (Sekab) Kolut, Ashar bersama Kepala Inspektorat, Alimus Marzuki dan pejabat lainnya turut memantau pelaksanaan tes perdana itu.

Sebelumnya, SKD di Kabupaten Kolaka telah tuntas digelar selama lima hari hingga Minggu (18/11) lalu. Tercatat seribuan peserta berguguran karena nilainya tak mencapai passing grade. Sedangkan jumlah peserta yang lulus masih minim dan akan mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB). “Jumlah peserta yang lulus berkas dan berhak mengikuti SKD sebanyak 1.953. Namun, yang mengikuti tes hanya 1.912. 41 orang tidak hadir. Dari jumlah 1.912 peserta yang tes, hanya 34 orang lulus passing grade,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kolaka, Mujahidin, saat ditemui, Selasa (20/11).

Mantan Kabag Hukum Setkab Kolaka tersebut mengatakan, jumlah peserta yang lulus passing grade masih jauh dari jumlah formasi dari pemerintah pusat sebanyak 174. Dengan demikian maka ada sejumlah formasi yang tidak terpenuhi. “Formasi yang diberikan untuk Kolaka ada 174, sedangkan yang lulus SKD hanya 34. Tentu masih banyak formasi yang tidak terisi, khususnya untuk tenaga kesehatan dan guru,” bebernya.

Mujahidin menuturkan, meskipun jumlah CPNS Kolaka yang lulus SKD lebih banyak dibanding dengan beberapa kabupaten lain di Sultra, ia juga tetap berharap agar pemerintah mengeluarkan kebijakan. Alasannya, jumlah formasi yang terisi pada seleksi CPNS tahun ini masih sedikit. Sedangkan jumlah PNS yang pensiun setiap tahun terus bertambah. “Kami berharap KemenPAN-RB dapat mengeluarkan kebijakan baru terkait hasil SKD. Sehingga, kuota 174 CPNS Kolaka di tahun 2018 dapat terpenuhi,” harapnya. (b/rus/fad)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778