Pariwara
Buton Selatan

46 Unit Perumahan Nelayan untuk Warga Busel

KENDARIPOS.CO.ID — Kabar gembira bagi masyarakat nelayan di Kabupaten Buton Selatan (Busel), khususnya yang belum memiliki rumah layak sebagai hunian. Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengusulkan bantuan, mendapat respon positif dari pemerintah pusat. Tahun ini, Busel kembali dialokasikan bantuan 46 unit rumah layak huni. Semua itu dalam rangka mendorong peningkatan hidup atau kesejahteraan para nelayan.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Busel, Sunaryo Mulyo, mengatakan, bantuan tersebut berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Seluruhnya akan diperuntukan bagi nelayan yang belum memiliki hunian layak. “Pembangunannya akan kita fokuskan pada satu titik di Desa Bola, Kecamatan Batauga,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurut Sunaryo Mulyo, saat ini pengerjaan rumah nelayan tersebut sudah dimulai. Peletakan batu pertama secara simbolis telah dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Busel, La Ode Arusani, pekan lalu. “Semoga dengan bantuan stimulus ini, maka persoalan kekurangan rumah layak bagi nelayan bisa bertahap terpenuhi,” ucapnya.

Dalam realisasi pengerjaan rumah nelayan itu, pemerintah pusat memfasilitasi segala kebutuhan bangunan. Mulai dari material, tukang dan seluruh keperluan lain sampai rampung 100 persen. Untuk fasilitas penunjang lainnya seperti listrik, air bersih menjadi tanggung jawab Pemkab Busel. “Memang dalam nota kesepahamannya seperti itu. Semua sementara dalam proses dan disepakati akan dianggarkan pada APBD 2019. Sehingga diharapkan begitu selesai dikerjakan rumah nelayan ini langsung difungsikan,” terang mantan Kepala Bappeda Busel tersebut.

Untuk diketahui nilai proyek rumah khusus nelayan tersebut sebesar Rp 5,7 miliar. Dengan jumlah bangunan rumah sebanyak 46 unit, 23 kopel, tipe 28. Target pengerjaannya 50 hari tuntas. Dengan proyeksi dalam satu hari realisasi pembangunan dua persen. (b/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778