Pariwara
Kolom

Persembahan 23 Tahun, Oleh: Irwan Zainuddin

Irwan Zainuddin (Direktur Utama Kendari Pos)

KENDARIPOS.CO.ID — Cerita ini dimulai sejak empat tahun silam. Pertama kali saya bergabung di Kendari Pos. Sebuah langkah baru menapak perubahan untuk meraih sukses bersama. Hari ini, kebersamaan itu tetap bertumbuh menjadi semangat teman-teman dalam bekerja.

Pada penghujung 2014, semua kru Kendari Pos, duduk bersama merancang rencana kerja 2015. Ketika itu, gambaran kondisi ekonomi kurang bagus. Katanya, ekonomi saat itu mengalami kelesuan. Memang agak terasa di Media Cetak kala itu. Beberapa kali kami membahas gambaran ekonomi Jakarta saat itu, tidak memberikan harapan pendapatan iklan akan tumbuh sebagai pendapatan terbesar Kendari Pos.

Teman-teman bersepakat, kelesuan harus dijawab. Harus ada terobosan. Walaupun yang lain lesu, Kendari Pos harus tetap tumbuh. Semua kru membahas strategi menerobos kelesuan itu.

Yach… harus ada yang baru. Belum pernah ada di Sultra. Saat itu diusulkan buat acara besar dan spektakuler. Jalan sehat berhadiah utama: mobil. Targetnya 10.000 peserta. Wow….! Sebagian ragu-ragu.

Nggak salah teman-teman ada yang ragu. Soalnya, selama 20 tahun Kendari Pos (kala itu tahun 2015), peserta jalan sehat yang terbanyak hanya 3.000 peserta. Itu masih hitungan tambal sulam. Hehehehehehe…

Akhirnya, dari keraguan itu kami putuskan: “jalan sehat hadiah mobil”. Waktu itu kami berhasil membangun kemitraan dengan Luwak White Koffie sebagai sponsor. Luwak White Koffie menyiapkan baju kaos sebanyak 10.000 piece (pc). Yach ada amunisi baru. Teman-teman pun terlihat semangat dan optimis kegiatan itu akan sukses.

Disepakatilah kalau jalan sehat itu akan dilaksanakan pada 18 Oktober 2015. Kami rapat bersama untuk menyusun langkah-langkah kerja. Ternyata, dua minggu sebelum acara dimulai, peserta yang mendaftar masih minim. Hanya sekira 800 orang. Padahal target 10.000 peserta. Waduh, gimana nich?

Karena mungkin dalam tekanan pekerjaan, kami pun merapatkan barisan. Ini harus sukses. Kendari Pos harus memberi kesan di kegiatan perdana. “Biasanya kalau last minute (menit terakhir), banyak yang mendaftar,” celetuk salah seorang peserta rapat. Wah, kalau begini cara berpikirnya, kegiatan ini berada diambang ketidakpastian. Bisa jadi pendapat teman itu benar, namun potensi gagal juga besar. Harus diubah cara ini. Tidak boleh mengharapkan injury time. Kita tak bisa menunggu last minute dalam mengejar kepastian. Kami pun menyusun planning ABC. Jika planning A gagal, ada harapan planning B. Jika belum bisa, masih ada planning C. Memasang banyak alternatif, akan meminimalisir kegagalan.

Semua mulai bekerja. Semua karyawan bersatu. Dari office boy (OB) hingga direksi semua bergerak. Tak ada lagi sekat antara kami. Kalau gagal, maka gagalnya kami semua.

Setelah semua “turun gunung”, hanya 4 hari berikutnya, peserta sudah mencapai 6.000 orang. Ini luar biasa. Semangat teman-teman semakin bergelora. Alhamdulillah, dua hari sebelum acara, target tercapai. Malah pendaftar masih terus berdatangan. Panitia harus menutup pendaftaran karena peserta sudah mencapai sekira 15.000 orang.

Keraguan itu akhirnya dijawab dengan sebuah kesuksesan luar biasa. Kesadaran teman-teman bangkit. Bahu membahu menyukseskan event Kendari Pos. Event ini bukan tanggung jawab per divisi, namun semua memiliki tanggung jawab menyukseskannya. Kunci utama: jangan berpikir gagal. Semua karyawan harus memperkuat kerja sama. Jangan ada yang merasa hebat sendiri karena kita semua memiliki peran masing-masing yang dapat menopang satu sama lain.

Sukses ini semua, karena adanya KETERBUKAAN. Kita jangan selalu bekerja di injury time. Jangan selalu ada PERTARUHAN. Setiap kegiatan, harus ada EVALUASI untuk mencari solusi. Seorang pemimpin harus selalu ada STRATEGI dalam bekerja. Saat karyawan mulai dodong (lemas, red), tidak semangat, maka keluar lagi strategi kedua, dan ketiga….

Semua sukses ini diraih karena adanya KEBERSAMAAN…..

Hari ini, 11 November 2018. Usia 23 tahun Kendari Pos. Tahun keempat Kendari Pos menggelar event akbar dengan hadiah utama: 1 unit mobil. Artinya sudah ada 4 orang warga Sultra yang beruntung mendapatkan mobil. Kendari Pos yang pertama memprakarsai jalan sehat berhadiah mobil. Hari ini pun, Kendari Pos tetap memberikan yang terbaik bagi masyarakat Sulawesi Tenggara sebagai persembahan 23 tahun Kendari Pos.

Namun, kesuksesan ini tak lepas dari dukungan, support, kepercayaan, dan partisipasi aktif seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara. Dukungan pemerintah daerah, forum komunikasi pimpinan daerah, seluruh stakeholder lainnya membuat kegiatan kami ini selalu berjalan sukses. Olehnya itu, kami (Kendari Pos) mengucapkan terima kasih yang tak terhingga. Semoga kebersamaan ini bisa lebih erat lagi dalam membangun Sulawesi Tenggara. 23 tahun kita telah bersama membangun daerah.

Semoga dukungan dan kerja sama selama ini akan senantiasa memberikan kami semangat untuk selalu bekerja memberikan persembahan yang terbaik untuk Sultra dan seluruh pembaca Kendari Pos. Semangat untuk selalu menjadi yang terbaik. Konsep ini yang ditanamkan dan menjadi semangat teman-teman Kendari Pos.
Salam sukses selalu…. (*)

Penulis: Irwan Zainuddin (Direktur Utama Kendari Pos)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright ¬© 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778