Pariwara
Kolaka Utara

Kolut Kembali Terapkan Perda Miras dan Prostitusi

H. Abbas

KENDARIPOS.CO.ID — Peraturan daerah (Perda) tentang larangan praktik prostitusi secara resmi dicabut melalui kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) dan DPRD pada rapat paripurna, 8 Agustus 2017 lalu. Kini, draf serupa diajukan lagi sebagai rancangan peraturan daerah (Raperda) untuk disetujui menjadi Perda. Raperda nomor 4 tahun 2011 tersebut diusulkan ulang untuk diterapkan, termasuk revisi Perda nomor 11 tahun 2007 tentang larangan memproduksi dan mengonsumsi minuman keras (Miras) yang sebelumnya juga sempat dicabut.

Rancangan itu disetujui tujuh fraksi di DPRD Kolut bersama empat peraturan lainnya. Seperti pertanggungjawaban kegiatan pelaksanaan pendapatan belanja daerah tahun 2017 disertai dan perubahan Perda nomor 3 tahun 2016 tentang pembentukan perangkat daerah. Dua lainnya yakni Raperda tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan aturan terkait penyertaan anggaran pemerintah daerah pada Bank Sultra. Bupati Kolut, H. Nur Rahman Umar melalui Wakilnya, H. Abbas, mengapresiasi pihak DPRD atas partisipasi dalam koordinasi, penyusunan dokumen serta konsultasi. “Tentunya, Perda yang dibahas ini sudah menjadi kewajiban secara konstitusional berdasarkan undang-undang nomor 23 tahun 2014. Kepada para kepala OPD agar mempersiapkan materi terkait pendapatan belanja daerah perubahan 2018,” pintanya, Senin (10/9).

Untuk diketahui, Perda terkait larangan praktik prostitusi dan peredaran Miras sebelumnya dicabut sesuai SK Mendagri dan keputusan gubernur Sultra karena dianggap bertentangan dengan aturan lebih tinggi. Empat fraksi di DPRD Kolut waktu itu, Demokrat, PAN, Fraksi Bangun Patampanua Sejahtera dan Gerindra sempat menolak. Mereka menilai, pencabutan Perda itu bertentangan dengan nilai-nilai budaya di Kolut sebagai daerah religius. Hanya saja, saat Perda tersebut dicabut, beberapa fraksi juga setuju, karena menganggap aplikasi dan penegakannya lemah di lapangan. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top