Pariwara
Politik

Beri Pemahaman Soal Pelaporan Dana Kampanye, KPU Sultra Gelar Bintek

KENDARIPOS.CO.ID — Laporan dana kampanye menjadi salah satu poin penentu keikutsertaan partai politik (Parpol) mengikuti Pemilu 2019. Untuk itulah, Parpol harus benar-benar memahami aturan mainnya. Jika tidak, keikutsertaan mereka dalam Pemilu akan digugurkan. Atas dasar itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra memberi perhatian khusus. Untuk memberi pemahaman, KPU menggelar bimbingan teknis (Bintek) pada Parpol, bakal calon anggota DPD RI termasuk penghubung atau liaison officer (LO).

“Semua kontestan wajib membuka dan melaporkan dana kampanye dalam Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK) pada bank umum. Pembukaan RKDK paling lambat satu hari sebelum masa kampanye dan disampaikan ke KPU Sultra,” kata La Ode Abdul Natsir, Ketua KPU Sultra Selasa (11/9).

Sebagai penyelenggara, pihaknya berkewajiban memberi pemahaman terhadap peserta Pemilu. Melalui Bintek, Parpol maupun Balon DPD RI bisa melaporkan dana kampanye baik dalam bentuk laporan awal dana kampanye (LADK), laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) dan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK).

“Parpol yang tidak menyampaikan LADK akan dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai peserta Pemilu. Namun hanya dalam wilayah tertentu saja. Demikian juga bakal calon anggota DPD RI,” ujar mantan komisioner KPU Kota Kendari ini mengingatkan.

Untuk memaksimalkan kegiatan ini, KPU Sultra menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis pelaporan dana kampanye Pemilu 2019 selama dua hari. Hari pertama dikhususkan untuk penyelenggara di 17 kabupaten/kota. Hari kedua untuk Parpol dan Balon anggota DPD RI atau LO-nya. (c/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top