Pariwara
Muna

Semarak Tahun Baru 1440 Hijriah, Ribuan Masyarakat Muna Ramaikan Pawai Taaruf

Pawai Ta’aruf masyarakat Muna menyambut tahun baru Islam.

KENDARIPOS.CO.ID — Perayaan pergantian tahun 1440 Hijriah berlangsung semarak di Muna. Ribuan masyarakat berbusana muslim berkumpul di Masjid Al Munajat Raha menyambut hari pergantian tahun Islam tersebut. Perayaan dilakukan dengan menggelar pawai taaruf. Ratusan barisan dari satuan kerja perangkat daerah, kecamatan, majelis taklim dan sejumlah sekolah ikut serta dalam pawai tersebut.

Kecamatan Lohia menjadi barisan yang paling banyak mendapat apresiasi karena menurunkan jumlah peserta terbanyak. Camat Lohia, LM. Hajar Sosi mengaku sengaja memboyong 500 orang sebagai bentuk kampanye gerakan keagamaan tengah menggeliat di otoritanya. Teranyar, Kecamatan Lohia merupakan pencetus program Kampoeng Quran yang terletak di Desa Mantobua, Muna.

“Lohia memang pintu masuk Islam di Muna sejak dahulu. Sekarang kami ingin menghidupkan gerakan keagamaan salah satunya dengan Kampung Quran. Jadi tidak saja soal pariwisata yang terkenal, keagamaan juga jadi program utama di Lohia,” tutur Hajar.

Pawai taaruf merupakan rangkai peringatan pergantian tahun setelah sehari sebelumnya Pemkab menggelar zikir akbar. Perayaan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba dan petinggi pemerintahan seperti Sekab Nurdin Pamone dan Wakil Ketua DPRD Muna La Ode Dyrun. Peserta pawai mengambil start di Al Munajat Raha, masjid kebanggaan masyarakat Muna. Pawai yang dimulai pukul 07.00 Wita itu melalui rute sekitar 2 kilometer dan finish ditempat semula.

Bupati Muna mengaku terkesan sebab masyarakat terlihat sangat antusias. Ia menyebut pawai tersebut merupakan momentum kebangkitan keagamaan di Muna. Baginya, pergantian tahun bermakna kesempatan meningkatkan kualitas kehidupan di segala aspek.

“Sangat baik jika perubahan itu dimulai dari sisi spiritual. Tentu sebagai umat muslim, pergantian tahun hijriah menandakkan kesempatan berbuat baik sebagai umat masih terbuka,” katanya dalam sambutan.

Rusman mengajak masyarakat Muna terutama bagi umat muslim untuk mensyukuri nikmat umur. Pawai juga digelar agar masyarakat dapat memperingati hari besar Islam dengan kegiatan yang bernilai ibadah. Katanya, dengan berkumpul menyambut hari pergantian tahun sama artinya memulai perjalanan tahun dengan silaturahmi. “Ini juga ekspresi rasa syukur kita atas nikmat umur,” jelasnya.

Secara khusus, Rusman mengatakan Pemkab Muna dari waktu ke waktu terus berusaha meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan berbagai program pembangunan. Ia berharap dukungan dari ikhtiar tersebut agar upaya membangun Muna berjalan dengan sinergi dan kerja sama yang baik. “Semoga Muna semakin maju dan mandiri. Selamat menyongsong tahun baru 1440 hijriah,” pungkasnya. (ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top