Pariwara
Metro Kendari

Diselimuti Debu, ISPA dan Diare Mengintai

KENDARIPOS.CO.ID — Musim hujan telah berlalu, masalah banjir sudah tak menghantui masyarakat lagi. Namun peralihan musim tak berarti masyarakat sudah aman dari berbagai ancaman. Cuaca panas saat ini membuat permukaan tanah kering. Akibatnya, debu bertebaran di mana-mana. Penyakit pun mulai mengintai. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan diare menjadi penyakit yang cukup rawan dialami masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra, Zuhuddin Kasim mengatakan ISPA merupakan tingkat kesakitan terbesar jika ditotal dari penyakit masyarakat setiap tahun. “Kalau melihat cuaca sekarang ISPA paling rentan, dai ini memang tingkat kesakitan paling banyak,” ujarnya, akhir pekan lalu.

Ancaman penyakit ISPA ini lanjut dia sebagai akibat dari debu yang beterbangan di jalan, lalu di hirup hingga masuk ke rongga pernafasan. “Penyebab utamanya kan debu, kalau mau aman pakai masker saja kalau keluar rumah,” imbaunya.

Mantan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sultra itu menambahkan debu tak hanya menyebabkan ISPA tetapi juga mengganggu saluran pencernaan berupa diare. Debu hinggap ke sumber air atau alat penampungan air warga menjadi asal muasal sakit diare. “Saat air dikonsumsi maka akan mengganggu saluran pencernaan, jadilah diare,” jelas Zuhuddin Kasim.

Dinkes Sultra sudah melakukan langkah-langkah terstruktur untuk melakukan pencegahan ISPA dan diare di masyarakat. Mulai dari sosialisasi hingga penanganan cepat di tingkat Puskesmas sudah dilakukan. “Selebihnya tinggal kewaspadaan masyarakat saja,” tutupnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top