Pariwara
Hukum & Kriminal

Penyidik Telusuri Dugaan Penyalahgunaan BBM Subsidi di Sultra

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sultra terus menelusuri dugaan penyalahgunaan BBM jenis solar subsidi. Pelaku berinisial FB (56) yang diamankan beberapa waktu lalu, sudah ditahan dan menjalani pemeriksaan di Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Sultra. Penyidik akan menelaah di mana solar tersebut dijual.

Wakil Direktur Ditreskrimsus Polda Sultra, AKBP Ferry Walintukan mengatakan pelaku FB sudah ditetapkan sebagai tersangka setelah penyidik meminta keterangan lima saksi. Termasuk keterangan ahli dari Dinas ESDM Provinsi Sultra. Tersangka FB rupanya sudah lama diintai polisi karena diduga menyalahgunakan BBM solar. Saat beraksi di SPBU di kawasan Bonggoeya, FB pun ditangkap.

Soal urusan SPBU yang melayani tersangka FB menjadi domain Pertamina. “Kita hanya melakukan penanganan terhadap pelaku-pelaku yang mengangkut atau menyimpan BBM bersubsidi tanpa izin,” ungkap AKBP Ferry Walintukan.

Barang bukti yang disita sejumlah 250 liter BBM solar yang ada dalam tangki mobil dan jerigen. Berbekal satu unit mobil, tersangka FB mengisi BBM dalam tangki mobilnya yang sudah dimodifikasi sehingga kapasitasnya lebih besar.

Penyidik sedang merampungkan berkas tersangka FB.
Untuk itu, penyidik Ditreskrimsus masih akan memeriksa sejumlah saksi lainnya. Tersangka FB dijerat pasal 55 dan/atau pasal 53 huruf c Jucnto pasal 23 ayat 2 huruf C Undang-Undang RI Nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi. Ancaman hukuman pidana penjara paling lama enam tahun dan denda paling tinggi Rp 60 Miliar. (ade/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top