Pariwara
Metro Kendari

Tiba di Kendari, Wagub Sultra Langsung Action, Gelar Syukuran Hingga Pimpin Rapat Penyambutan Gubernur

PIMPIN RAPAT: Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas (tengah, depan) bertemu Sekprov Sultra, Hj Isma (ketiga dari kiri) serta sejumlah kepala OPD dan
protokoler di ruang kerjanya, Jumat (7/9). Salah satu yang jadi topik pembahasan adalah persiapan menyambut kedatangan Gubernur Ali Mazi di Kendari, 11 September mendatang. Foto: Elyn/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas tiba di Bandara Haluoleo Kendari pukul 10.20 Wita, Jumat (7/9). Ketua KONI Sultra ini  disambut hangat ratusan orang yang sudah menanti sejak pagi. Bersama jajaran pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Sultra, Lukman menuju kediaman pribadinya di kompleks Lepo-lepo Kendari. Ada syukuran sederhana yang disiapkan keluarga di sana.

Kurang dari 1 jam berkumpul dengan keluarga, mantan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra bergeser ke Masjid Al Fallah, dekat bundaran pesawat Lepolepo. Dia menunaikan salat Jumat. Selanjutnya, mantan Bupati Konawe dua periode langsung action berkantor. Ia disambut puluhan karangan bunga ucapan selamat yang memenuhi tribun Kantor Gubernur Sultra.

Jika biasanya Lukman turun dari mobil bernomor plat DT 6 lalu menuju ruang kerja Sekprov, kali ini baik fasilitas kendaraan maupun ruang kerja sudah berganti. Lukman menaiki tangga lantai dua kantor gubernur sambil melempar senyum kepada petugas piket, siang kemarin, lalu menuju ruang yang dulunya milik seniornya HM Saleh Lasata, mantan wakil gubernur Sultra periode sebelumnya.

“Sekitar 6 bulan lebih saya meninggalkan tempat ini. Anggap saja cuti, dan hari ini (kemarin,red) saya kembali dengan tugas baru. Tidak ada yang berubah bagi saya, karena hanya pindah kamar (baca ruangan) sebenarnya. Kalau suasana kerja sama saja, karena saya sudah lima tahun di sini,” kata Lukman sesaat setelah berada di kantor gubernur.

Tepat pukul 14.45 Wita, Lukman Abunawas bergegas masuk ke ruang rapat. Ia memimpin rapat membahas persiapan penyambutan Gubernur Sultra, Ali Mazi. “Rencana, Pak Gubernur tiba di Kendari, Selasa siang (11/9). Ini sengaja karena bertepatan dengan tahun baru Islam 1 Muharam, sehingga momen tepat untuk menjalankan tugas di Kendari,” jelasnya.

Olehnya itu, akan ada acara penyambutan sederhana tapi meriah di bandara Haluoleo Kendari. Teknisnya, saat berada di bandara, Gubernur akan disambut adat Buton, Muna, Tolaki dan lainnya. Sederhana tapi tetap meriah.

“Jadi dari bandara akan ada arak-arakan, singgah di rumah Pak Ritonga di Ranomeeto. Setelah itu, lanjut Kota Lama dan putar ke Rujab. Agenda ini sudah disepakati juga oleh Pak Ali Mazi. Sekarang beliau masih di Jakarta untuk mengikuti beberapa acara penting,” tambahnya.

Tiba di rujab nanti, kata dia akan dilanjutkan dengan acara adat bernuansa Islam sekaligus peringatan 1 Muharam. “Prosesi adat Mosehe rutin dilakukan untuk membersihkan, agar pejabat baru (dalam melaksanakan tugas) penuh berkah dari Allah dan leluhur. Karena ini momentumnya tahun Islam,” terangnya.

Tanggal 12 September nanti, lanjut dia, juga akan ada serah terima jabatan dan sidang paripurna. Kemudian, ada pesta rakyat pada 22 September. “Saya minta semua OPD yang sudah ditugaskan untuk menyiapkan semuanya, mulai dari personil penyambutan sampai pada kesiapan lokasi dan undangan,” harapnya. Soal komitmen kerja ke depan, dia memastikan akan bekerja dengan kongkrit sesuai dengan visi misi dan program kerja, seperti Sultra Sehat, Sultra Cerdas, Sultra Bantuan Keluarga Miskin, Sultra Berbudaya dan Beriman serta Sultra Produktif. (ely)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top