Pariwara
Bau-bau

DLH Baubau Minim Armada Pengangkut Sampah

H. Sumarto Lanae

KENDARIPOS.CO.ID — Prestasi piala Adipura yang diraih Kota Baubau, ternyata tak berbanding lurus dengan ketersediaan armada pengangkut sampah di daerah itu. Meski penghargaan bidang lingkungan tersebut berhasil disandang beberapa kali, namun armada penertib sampah masih kurang. Padahal, penghargaan Adipura diperoleh berkat kerja keras “Pasukan Kuning” dalam menjaga kondisi lingkungan di Baubau agar tetap terawat, bersih dan indah.

“Sejak dulu kita sudah kekurangan armada pengangkut sampah. Makanya, kita selalu usulkan untuk diadakan, tetapi belum juga direalisasikan. Terakhir bantuan armada hanya pada 2015 lalu sebanyak delapan unit,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Baubau, Sumarto Lanae, kamis (6/9).

Karena kondisi tersebut, maka dalam penertiban sampah di Baubau, DLH menerapkan sistem zonasi. Limbah dalam wilayah kota menjadi prioritas untuk dibersihkan dan diangkut ke tempat pembuangan sampah (TPS). Sementara sampah wilayah pinggiran, tidak terurus. Itu karena DLH masih kekurangan 17 armada pengangkut sampah.

“Untuk melayani kebersihan seluruh wilayah kelurahan yang ada, idealnya kita harus punya 40 unit mobil pengangkut. Sementara saat ini kita hanya miliki 23 unit. Itu sudah termasuk truk, pick up dan arm roll,” terang Sumarto Lanae. Ia menambahkan, jika semua dapat terealisasi pada APBD Perubahan ini, pihaknya akan mendapat bantuan empat unit armada. “Kita usulkan ke Kementerian untuk dibantu mobil pengangkut sampah. Alhamdulilah permintaan direspon. Insya Allah kita akan dapat tambahan armada baru dari dana alokasi khusus APBNP 2018,” pungkas Sumarto Lanae. (c/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top