Pariwara
Buton

200 Anak di Buton Ikut Prosesi Tandaki

La Ode Zainal Abidin

KENDARIPOS.CO.ID — Salah satu kegiatan dalam gelaran Festival Pesona Budaya Tua Buton nanti adalah tandaki (ritual setelah sunatan massal). Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buton, Abdul Salam, melalui Sekretarisnya, La Ode Zainal Abidin, mengatakan, dalam kegiatan sunatan massal tersebut sedikitnya ada 200 orang yang dikhitan. “Mereka akan disebar pada sejumlah Puskesmas masing-masing kecamatan. Untuk Kecamatan Pasarwajo ada 80 orang dan selenggarakan di gedung Wakaka sejak 18 Agustus lalu,” jelas Sekretaris Umum Panitia Festival Pesona Budaya Tua Buton, minggu (19/8).

Nantinya, kata Zainal, setelah sunatan massal dilakukan, maka prosesi adat atau tandaki akan digelar pada festival tanggal 26 Agustus mendatang di alun-alun Takawa. “Jadi sebelum kita adakan prosesi tandaki, para peserta disunat dulu,” sambungnya. Zainal mengharapkan dengan dilakukannya kegiatan ini, prosesi tandaki dapat terus dilestarikan oleh masyarakat. “Jangan pernah hilangkan budaya tandaki ini. Kalau medisnya, sudah sering dilakukan. Hanya tandakinya ini prosesi adat dan sudah jarang diselenggarakan,” harapnya. (c/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top