Metro Kendari

Blangko Kosong, Disdukcapil Kendari Belum Cetak Kartu Identitas Anak

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah pusat sudah memberlakukan aturan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak usia 0-17 tahun sejak 2018 lalu. Namun Kota Kendari, belum mencetak KIA. Sebab, blangko belum tersedia di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kendari. Kepala Disdukcapil Kendari Drs. H. Halili mengakui bila KIA sudah masuk program Pemkot tahun ini. Mestinya, Mei lalu percetakan KIA sudah bisa dimulai. Hanya saja terjadinya rasionalisasi anggaran dalam APBD Kota Kendari awal tahun 2019. “Anggaran kita terpotong 150 juta. Nah, tadinya sudah masuk e-Katalog, tapi karena anggarannya turun jadi ditarik lagi, menjadi sistem penunjukan langsung, makanya molor percetakan,” paparnya.

Apalagi saat ini, lanjut dia, pengadaan KIA masih dalam proses percetakan blangko. Lembaganya masih menunggu hal itu selesai untuk membuka layanan KIA. “Tadinya 35 ribu blangko, setelah rasionalisaai menjadi 20 ribu saja. Sementara cetak blangko sekarang,” tambahnya. Lebih jauh, mantan Asisten III Pemkot Kendari ini menambahkan, untuk pengurusan KIA nantinya, setiap anak hanya perlu membawa akte kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) di Disdukcapil. Itulah yang menjadi dasar penerbitan KIA. “Mulai usia 0 sampai 5 tahun itu tanpa foto. Di atas 5 sampai 17 tahun, harus pakai foto,” lanjutnya.

Katanya, keberadaan KIA bagi setiap anak dapat dimanfaatkan terutama untuk pendaftaran anak-anak sekolah, bimbingan belajar dan lain sebagainya. Ke depan nanti pihak-pihak yang akan berhubungan dengan urusan pelayanan publik terhadap anak-anak, sudah menggunakan KIA, fungsinya seperti KTP bagi orang dewasa. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy