Bawaslu dan KPU Buteng Diperiksa Terkait PSU – Kendari Pos
Politik

Bawaslu dan KPU Buteng Diperiksa Terkait PSU

Anggota DKPP, Dr. Alfitra Salamm (kedua dari kanan) selaku Ketua Majelis, bersama Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Provinsi Sultra, anggota majelis. Dari unsur KPU ada Ade Suerani (kiri) dan Bahari (kanan), unsur masyarakat yang diwakili Hidayatulah (kedua dari kiri) dalam sidang di Kantor Bawaslu.

KENDARIPOS.CO.ID — Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memeriksa sejumlah Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buton Tengah (Buteng). Pemeriksaan tersebut terkait pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 03 Kelurahan Watolo, Kecamatan Mawasangka, Buteng. Masing-masing komisioner dari kedua lembaga yang diperiksa DKPP ini menjadi teradu dalam dua perkara berbeda, yakni nomor 129-PKE-DKPP/VI/2019 dan 136-PKE-DKPP/VI/2019. Ketua Bawaslu Buteng, Helius Udaya dan anggotanya, Lucinda Theodora menjadi teradu dalam perkara 129-PKE-DKPP/VI/2019. Mereka dilaporkan oleh seorang wiraswasta bernama Rahim. Dalam pokok aduannya, Rahim menduga kedua teradu telah mengambil alih permasalahan dua surat suara yang tidak ditandatangani oleh Ketua KPPS TPS 03 Kelurahan Watolo saat penghitungan suara pada 17 April 2019.

Dua kotak suara itu diketahui telah tercoblos untuk dua Caleg salah satu partai politik. Menurut Rahim, Helius mengambil alih persoalan dengan menanyakan apakah dua surat suara dapat disahkan kepada para saksi yang ada di TPS. Kejadian ini, menurut dalil aduan, terjadi pada pukul 23.00 Wita. Belakangan, kedua surat suara itu dinyatakan tidak sah dan Bawaslu Buteng mengeluarkan rekomendasi untuk dilaksanakannya PSU di TPS tersebut. Namun, menurut Rahim dalam dalil aduannya, Helius melontarkan pernyataan yang berbeda terkait hal itu.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top